Pemerintah Bakal Bangun Pabrik Gula hingga 2 Juta Hektare di Papua

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta – Pemerintah bakal membangun pabrik gula di Papua. Pabrik gula itu akan dibangun di tanah seluas 1 juta hingga 2 juta hektare yang nantinya akan dilengkapi dengan perkebunan tebu.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Hal itu diungkapkan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa, 7 November 2023.

"Kawasan di Papua rencana 1 juta sampai 2 juta hektar. Tapi sementara 200 ribu hektare untuk membuat pabrik gula," ujar Amran.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Peta Papua.

Photo :
  • papua.go.id

Amran mengatakan, dibangunnya pabrik gula di Papua itu dikarenakan masih banyaknya lahan kosong di wilayah tersebut. "Ini kan industri besar jadi sangat strategis kalau dibangun di sana," ujarnya.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Amran menjelaskan, untuk satu pabrik gula membutuhkan investasi senilai Rp 2,5 triliun hingga Rp 3 triliun, dengan kapasitas produksi 8 ribu hingga 12 ribu ton cane per day (TCD).

Amran Ajak Investor

Dijelaskan Amran, untuk lahan tebu yang akan memproduksi gula itu akan dikelola oleh ID Food. Pun, dia juga mengajak investor untuk menanamkan modalnya di kawasan strategis ini.

"Kita undang swasta syaratnya simpel punya uang," jelasnya.

Amran menuturkan, terdapat salah satu investor strategis yang akan membantu Indonesia untuk membangun industri gula, yakni Brasil.

"Kami kemarin minta ke Brasil teknologinya buat bantu Indonesia, dan dia sanggup kirim ahli buat pabrik," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya