Laba Bersih Naik Ratusan Miliar, Total Aset BTN Syariah Tembus Rp 46,27 Triliun

BTN Syariah.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

Jakarta – Unit Usaha Syariah (UUS) milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, yakni BTN Syariah, melaporkan sejumlah capaian kinerja keuangan sejak bulan Juni 2023 lalu.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Di mana, laba bersih BTN Syariah per Juni 2023 tumbuh 47,31 persen secara year on year (yoy), dan mencatatkan kenaikan laba dari Rp 190,90 miliar pada Juni 2022 menjadi Rp 281,21 miliar di Juni 2023.

"Pertumbuhan tersebut berada di atas rata-rata kenaikan laba bersih seluruh UUS di Indonesia. Data Statistik Perbankan Syariah OJK merekam, laba bersih UUS secara nasional tumbuh 10,38 persen (yoy) per Juni 2023," kata Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar, dalam keterangannya, Senin, 20 November 2023.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

BTN Syariah.

Photo :
  • Dokumentasi BTN Syariah.

Selain laba bersih yang melesat, Dia juga melaporkan bahwa aset Bank BTN juga tercatat terus bertumbuh. BTN Syariah mencatatkan pertumbuhan aset hingga 14,69 persen (yoy). "Dari Rp 40,35 triliun pada Juni 2022, menjadi Rp 46,27 triliun di bulan yang sama tahun ini," ujar Hirwandi.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Dia menjelaskan, BTN Syariah menyediakan pembiayaan perumahan dari hulu ke hilir. Produk pembiayaan yang diberikan mulai dari kepemilikan lahan, kontruksi rumah, pembiayaan pemilikan rumah (KPR), hingga untuk renovasi rumah. Selain itu, UUS Bank BTN ini juga berfokus menyalurkan pembiayaan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

Hirwandi melanjutkan, BTN Syariah juga menyediakan beragam skema pembiayaan, yakni KPR BTN Platinum iB, KPR BTN Indent iB, dan KPR BTN Properti dengan skema Musyarakah Mutanaqisah.

"Melalui skema Musyarakat Mutanaqisah tersebut, masyarakat dapat membayar angsuran secara berjenjang sesuai kesepakatan dengan bank," ujarnya.

BTN Syariah.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Dengan capaian tersebut, BTN Syariah pun sukses menyabet penghargaan “The Highest Profit Growth of Sharia Unit Bussiness Bank”, di ajang Top 20 Financial Institution Award 2023. Hirwandi mengatakan, penghargaan tersebut menjadi pengingat bagi perseroan, untuk terus meningkatkan kinerja bisnis syariah. 

“Bisnis syariah kami fokus ke penyaluran pembiayaan perumahan, untuk itu kami akan terus memacu kinerja syariah terutama untuk memenuhi kebutuhan rumah rakyat dengan skema syariah,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya