PUPR Anggarkan Pembangunan IKN 2024 Rp 35,45 Triliun, Ini Rinciannya

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menelan biaya hingga puluhan triliun rupiah pada tahun 2024 mendatang. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURP) Basuki Hadimuljono mengatakan anggaran untuk pembangunan IKN tahun 2024 mencapai Rp35,45 triliun.

Minister Predicts Economic Growth to Reach 5.17 Percent in 2024 Q1

Hal itu dikatakan Basuki dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 20 November 2023.

"Tahun 2024 dukungan infrastruktur dasar IKN dialokasikan sebesar Rp 35,45 triliun," ucap Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan setelah meninjau Proyek Jalan Tol, IKN, Kalimantan Timur, Rabu, 1 November 2023.

Photo :
  • Antara

Basuki menyebut, dari total anggaran itu, sebanyak Rp16,67 triliun diperuntukkan pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga. Dana itu akan digunakan untuk membangun jalan serta bandara.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

"Untuk pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Timur, Jalan Feeder distrik di IKN, Jalan Tol Seksi 3A, 3B, 5B, 6A, 6B, dan 6C Seksi 1 serta Bandara (VVIP) di sisi landasannya," kata Basuki.

Kemudian, dana lainnya diperuntukkan pada Ditjen Cipta Karya senilai Rp11,44 triliun untuk penataan sumbu kebangsaan tahap II, sumbu trioraja, dan pembangunan sistem proteksi kebakaran KIPP tahap I, instalasi pengolahan air dan bangunan pendukung sistem penyediaan air minum dan jaringan perpipaannya.

Kemudian digunakan juga untuk pembangunan gedung di kawasan istana kepresidenan IKN, kantor kementerian koordinator, hingga sarana prasarana pemerintahan II.

Kata Basuki, dana juga dikucurkan untuk Ditjen Perumahan sebesar Rp5,76 triliun dan Ditjen Sumber Daya Air sebesar Rp1,58 triliun. 

Ditjen Perumahan nantinya akan melanjutkan pembangunan rumah tapak jabatan menteri dan pembangunan rumah susun ASN serta Hankam 47 tower. 

"Ditjen Sumber Daya Air digunakan untuk pengendalian banjir DAS Sanggai 1A lanjutan, penyempurnaan dan penataan kawasan bendungan Sepaku Semoi dan pembangunan Embung KIPP," tandas Basuki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya