Siapkan Dana Pendidikan dan Beasiswa, Sri Mulyani Dorong Anak Muda Berani Bermimpi

Ilustrasi raih beasiswa
Sumber :
  • vstory

Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mendorong agar para Generasi Milenial dan Generasi (Gen) Z yang bakal menjadi para penerus bangsa, supaya berani bermimpi demi mencapai cita-citanya. Bahkan, menurutnya pemerintah juga sudah berupaya, untuk mengakomodir mimpi-mimpi para generasi penerus bangsa tersebut.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Pemerintah telah mengalokasikan dana abadi pendidikan di dalam APBN, yang saat ini jumlahnya sudah mencapai Rp 133 triliun untuk beragam fasilitas. Antara lain melalui dana pendidikan atau beasiswa, yang disediakan pemerintah melalui program beasiswa LPDP.

"Jadi saya katakan pada teman-teman generasi Z ini, Anda semua adalah generasi yang punya kesempatan dan juga tantangan," kata Sri Mulyani di acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat, 24 November 2023.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Dia menjelaskan, program beasiswa LPDP yang memiliki banyak sub program itu, antara lain terdiri dari dana kebudayaan, dana untuk penelitian, hingga dana untuk perguruan tinggi. Sampai saat ini ada lebih dari 42.000 mahasiswa, yang memanfaatkan dana tersebut untuk meraih cita-citanya.

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

Namun, Sri Mulyani mengakui bahwa diperlukan juga perjuangan keras dari para mahasiswa dan anak muda, untuk mendapatkan fasilitas pendidikan yang telah disediakan oleh pemerintah tersebut.

Dia tak ingin para anak muda Indonesia hanya bisa menuntut, apa yang mereka rasa menjadi haknya. Sebab, menurutnya para generasi muda Indonesia memang harus bekerja keras, dan tidak boleh bermental lemah untuk bisa mendapatkan fasilitas tersebut.

"Anggaran pendidikan kita Rp 660 triliun, terus Anda duduk saja seolah-olah entitled to get something, enggak juga. Karena mental entitlement merasa berhak saja," kata Menkeu.

"Jadi bagi Generasi Z dan Generasi Milenial, Anda adalah etape saat ini untuk meneruskan perjalanan bangsa Indonesia. Jangan sampai menyesal nantinya. Maka raihlah impian kalian karena impian kalian adalah impian Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya