QRIS Antarnegara Diakui Sebagai Inovasi Terbaik di Asia Pasifik

Pedagang penggguna QRIS.
Sumber :
  • Maha Liarosh/VIVA.

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menyampaikan, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Antarnegara berhasil meraih Gold Award untuk kategori 'Operational Efficiency', dalam ajang internasional Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023 di Thailand. QRIS Antarnegara merupakan inovasi berkelanjutan dari fitur QRIS, yang memungkinkan transaksi pembayaran dilakukan secara lintas batas (cross border).

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menjelaskan, penghargaan dalam kategori efisiensi operasional itu menunjukkan bahwa QRIS telah berperan dalam meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran.

"Yakni dalam memfasilitasi aktivitas ekonomi antarnegara secara lebih mudah dan aman, bagi masyarakat dan pelaku usaha khususnya UMKM, serta mendukung konektivitas pembayaran dan inklusi," kata Erwin dalam keterangannya, Jumat, 24 November 2023.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono.

Photo :
  • VIVA/Fikri Halim

Dengan diterimanya penghargaan tersebut, Qorus menilai QRIS sebagai inovasi yang memenuhi kriteria. "Di antaranya yakni dalam hal orisinalitas yaitu sebagai ide yang unik, bermanfaat dalam jangka panjang, berlaku universal secara lintas negara, dan telah teruji," ujar Erwin.

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Sebagai informasi, QRIS sebagai bagian dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, diluncurkan BI bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada tanggal 17 Agustus 2019.

Dalam perkembangannya, QRIS telah memfasilitasi konektivitas pembayaran antarnegara sejak tahun 2022. Cakupannya yakni Malaysia, Thailand, dan kini merambah Singapura yang baru diluncurkan pada tanggal 17 November 2023 lalu.

Transaksi non tunai menggunakan QRIS BNI Mobile Banking

Photo :
  • BNI

Sinergi yang kuat antarnegara khususnya di kawasan dalam payung Regional Payment Connectivity (RPC) menjadi salah satu strategi utama dalam perluasan akseptasi QRIS yang akan bermanfaat besar diantaranya sektor perdagangan dan pariwisata, khususnya bagi pelaku UMKM.

Sampai dengan bulan Oktober 2023, jumlah merchant QRIS telah mencapai 29,6 juta merchant, dimana 92 persennya adalah UMKM. Sejalan dengan perkembangan itu, transaksi QRIS Antarnegara Indonesia-Thailand dan Indonesia-Malaysia juga terus tumbuh positif, dengan jumlah transaksi pada bulan Oktober 2023 tercatat sebanyak 59 ribu transaksi.

"Ke depan, Bank Indonesia akan terus melakukan perluasan kerja sama interkoneksi pembayaran QR dengan negara mitra lainnya untuk mengakselerasi integrasi ekonomi dan keuangan digital," ujarnya.

Diketahui, Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023 merupakan penghargaan terhadap inovasi lembaga keuangan dalam skala besar yang membentuk masa depan jasa keuangan di suatu kawasan. Penghargaan ini bermanfaat untuk mendorong budaya berinovasi di lembaga keuangan.

Qorus berkedudukan di Prancis, merupakan lembaga independen yang berpengalaman 50 tahun di dalam memberikan konsultasi, penyelenggaraan acara, komunitas global sebagai katalisator lembaga keuangan, khususnya perbankan, untuk mengoptimalkan potensi digital yang membantu kebutuhan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya