Pembentukan Holding Dinilai Efektif Bikin Setoran Dividen BUMN Kinclong

Gedung Kementerian BUMN. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

Jakarta – Realisasi setoran dividen BUMN yang terus meningkat saat ini ditegaskan menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan transformasi BUMN.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah mengungkapkan, dividen BUMN kepada negara yang mencapai Rp 74,1 triliun merupakan hal yang positif. Apalagi, berpotensi meningkat hingga tutup tahun. 

Piter menilai realisasi dividen yang 150 persen lebih tinggi dari target awal itu menunjukkan hasil transformasi hingga bersih-bersih mendorong kondisi BUMN menjadi lebih sehat dan berdampak pada peningkatan kontribusi bagi negara.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

"Kinerja BUMN yang semakin baik tentu tidak terlepas dari reformasi BUMN yang terus dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir," ucap dikutip dari keterangannya, Senin, 27 November 2023.

Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Piter berpendapat, salah satu transformasi bisnis yang mendorong kinerja BUMN menjadi lebih efektif dan efisien ialah pembentukan holding. Konsolidasi melalui holding membuat kerja-kerja BUMN menjadi lebih fokus dan terintegrasi antarBUMN dengan core business serupa.

"Strategi pembentukan holding yang tujuannya meningkatkan fokus dari BUMN secara bertahap telah menunjukkan hasilnya," sambungnya.

Meski demikian, Piter menyampaikan bahwa terdapat sejumlah persoalan dan tantangan yang masih menggelayuti sejumlah BUMN. Hal tersebut dinilai wajar, apalagi  perbaikan sejumlah BUMN, terutama yang bergerak di sektor infrastruktur memerlukan waktu dan penanganan yang komprehensif.

Menteri BUMN Erick Thohir

Photo :
  • tvOne

"Kita juga harus mengakui masih banyak tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh BUMN. Misalnya BUMN-BUMN karya. Tapi kalau saya melihatnya permasalahan tersebut masih bisa diatasi. Adalah tugas kementerian BUMN untuk segera mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan seluruh permasalahan di BUMN karya dan juga BUMN lainnya," kata Piter.

Salah satu BUMN dengan kontributor terbesar adalah BRI, di mana dari kinerja tahun buku 2022 tercatat sebesar Rp23,15 triliun atau 59,97 pen dari total dividen BRI di kontribusikan kepada negara. Kontribusi optimal BRI tersebut tidak lepas dari kinerja gemilang sepanjang tahun 2022 dengan pencapaian laba sebesar Rp51,41 triliun, angka tersebut menjadi yang terbesar di antara BUMN perbankan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya