Progres Smelter di Gresik Capai 80 Persen, Zulhas: Dipimpin Anak Negeri Kita Sendiri

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berkunjung ke smelter PT Freeport Indonesia
Sumber :
  • Dok. Freeport Indonesia.

Jakarta - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, mengungkapkan progres pembangunan smelter dari PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur, kini sudah mencapai 80 persen lebih. 

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Hal ini dikatakan politisi yang akrab disapa Zulhas, saat berkunjung ke smelter Freeport Gresik. Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN itu, meninjau progres pembangunan sekaligus menyatakan dukungannya untuk smelter dari PT Freeport Indonesia tersebut.

“Saya sengaja datang untuk melihat Smelter Freeport. Saya bahagia, senang melihat smelter kita yang sudah 80 persen lebih ini berada di Gresik,” kata Zulhas dalam keterangannya Selasa, 28 November 2023. 

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Di hadapan Direktur Utama PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, Zulhas mengaku bangga melihat progres smelter Freeport Gresik ini. 

“Saya kira membanggakan karena dipimpin anak-anak negeri kita sendiri,” ujar Zulhas.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Zulhas mengatakan, pemerintah sendiri akan menambah 10 persen kepemilikan saham di PT Freeport. 

“Secara bertahap dan kita sudah punya saham mayoritas, setelah diperpanjang nanti yang dalam proses kita akan tambah lagi 10 persen kepemilikan Indonesia. Jadi membanggakan," jelasnya. 

Diketahui, hubungan Zulhas dengan Freeport sudah berlangsung cukup lama. Ia menceritakan sejak 2004 dirinya sudah menjadi anggota DPR dan berlanjut sebagai Menteri Kehutanan pada 2009.

“Salah satu yang (dilakukan), memberikan izin tambang bawah tanah di Papua,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, mengungkapkan saat ini progres Smelter Freeport Gresik sudah mencapai 83 persen. 

“Akhir tahun ini targetnya 90 persen kontruksi fisik diharapkan selesai. Selesai sepenuhnya konstruksi fisiknya, dilanjutkan commisioning di awal tahun depan,” kata Tony. 

“Optimis sesuai schedule, mulai akan beroperasi tahun 2024 bulan Mei dan secara bertahap wrap up sampai beroperasi penuh Desember 2024,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya