Uji Coba Terbatas Bayar Tol Tanpa Berhenti Direncanakan Mulai 12 Desember 2023

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta - Penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) atau bayar tol tanpa berhenti direncanakan mulai uji coba pada 12 Desember 2023 hingga Januari 2024. Uji coba itu dilakukan terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah. 

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono berpesan, agar dalam awal penerapan MLFF dilaksanakan sosialisasi yang cukup jelas bagi masyarakat. 

"Agar diberikan papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba penerapan MLFF sehingga masyarakat siap dari saat sebelum masuk Jalan Tol Bali-Mandara," kata Basuki dalam keterangannya dikutip Selasa, 28 November 2023. 

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Basuki mengatakan, uji coba MLFF ini adalah transisi, seperti halnya dulu beralih dari transaksi cash menjadi noncash dengan tapping e-money. Sehingga membutuhkan waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat. 

Ilustrasi jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Photo :
  • ANTARA/HO-Jasa Marga.
Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini

"Teknologinya pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi," ujarnya. 

Sementara itu, Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, untuk uji coba transisi MLFF pada tahap awal hanya akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai dan baru akan mulai diterapkan pada seluruh lajur gerbang tol pada Maret 2024. 

"Uji coba telah dimulai sejak minggu ke-2 November 2023 dan akan terus disempurnakan kesiapan alat dan simulasinya. Direncanakan mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah," kata Triono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya