TikTok Shop Bakal Gabung ke GOTO, Mendag Zulhas: Kerja Sama Boleh

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas buka suara soal rencana kerja sama investasi ByteDance Ltd. induk perusahaan TikTok dengan PT Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO). Kerja sama itu nantinya berupa layanan e-commerce.

Mendag: Kami Siap Meluncurkan Roket Bertenaga Metana Perdana

Zulhas mengatakan, terkait kerja sama antara GOTO dan ByteDance hal tersebut diperbolehkan. Hal ini disampaikan Zulhas ditemui di The St. Regis Jakarta.

"Kalau kerja sama kan boleh, kecuali kalau buka usaha baru. Industri luar negeri kerja sama kan boleh," ujar Zulhas kepada awak media Rabu, 6 Desember 2023. 

13 Tahun Punya Mobil, Suami Ini Andalkan Sang Istri Ketika Kesulitan Parkir di Rumah

TikTok Shop

Photo :
  • VIVA

Zulhas menyampaikan, hingga saat ini TikTok belum melakukan pengajuan perizinan untuk membuka e-commerce TikTok Shop di Indonesia. 

Kisah Perjuangan Vikyo, Dari Warnet Hingga sebagai Influencer

"Enggak ada, enggak ada ngurus izin baru," ucapnya.

Zulhas melanjutkan, Pemerintah berupaya untuk mendukung pemberdayaan UMKM dan pelaku usaha e-commerce dalam negeri serta meningkatkan perlindungan konsumen. Itu dilakukan melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 31/2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

“Intinya kita tata agar social commerce atau e-commerce itu bisa mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, bisa menjadi pendukung bagi UMKM dan industri kita untuk menguasai pasar,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya