Cara Tarik Setor hingga Tarik Tunai Pakai Dompet Digital

Ilustrasi dompet digital atau e-wallet.
Sumber :
  • Finance Colombia

Jakarta Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, lewat fitur QRIS Tuntas (Tarik Tunai, Transfer, Setor Tunai) yang diluncurkan pada 17 Agustus 2023 lalu, tarik tunai hingga transfer bisa dilakukan melalui dompet digital atau e-wallet.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Arya Rangga Yogasati mengatakan, adanya fitur QRIS Tuntas ini akan menjangkau masyarakat yang sulit mendapatkan akses ATM.

"Kalau selama ini cuman bisa tarik tunai di ATM menggunakan rekening bank, kebanyakan, bisa pakai non bank tapi sangat terbatas. Dengan QRIS Tuntas mau maupun itu bank atau uang elektronik yang DANA, Gopay, OVO, itu nanti bisa tarik tunai," ujar Arya dalam acara Sosialisasi QRIS Tuntas Jumat, 8 Desember 2023.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Arya mengatakan, QRIS Tuntas di non bank itu bisa dilakukan sepanjang penyedia jasa pembayaran, sudah tergabung dalam skema QRIS Tuntas.

HUT RI ke-78, BI luncurkan QRIS Tuntas.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia
BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Adapun untuk fitur transfer jelas Arya, pengiriman uang bisa dilakukan melalui non bank. Dia mencontohkan, seseorang yang sudah memiliki akun DANA saat ingin transfer ke BCA ataupun Bank Mega bisa dilakukan dengan scan QR.

"Setor tunai juga bisa dilakukan di mesin setor tunai yang ada di bank-bank, dengan melakukan scan yang prinsipnya sama dengan tarik tunai di ATM. Dan juga bisa via agen juga," imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, untuk biaya tarik melalui QRIS Tuntas ditetapkan sesuai kesepakatan dengan industri sebesar Rp 6.500 per transaksi untuk off us atau penyedia jasa pembayaran (PJP) yang berbeda.

QRIS GoPay

Photo :
  • Istimewa

"Biaya tarik tunai dengan QRIS Tuntas ditetapkan sesuai kesepakatan dengan industri Rp 6.500 per transaksi, untuk transaksi on us intra PJP (Penyedia Jasa Pembayaran) melalui agen dan transaksi off us antar PJP," kata Perry di Kantor BI Jakarta Kamis, 17 Agustus 2023.

Perry menuturkan, untuk transaksi on us intra PJP melalui ATM tidak dikenakan biaya. Dia menyebut, biaya ini lebih murah dibandingkan biaya tarik tunai off us atau transaksi tunai yang dilakukan pada mesin ATM.

"Ini lebih murah dibandingkan biaya tarik tunai off us saat ini di ATM yang sebesar Rp 7.500, atau tarik tunai di agen yang dapat berkisar Rp 10.000 sampai Rp 20.000. Makanya ini hadiah bagi rakyat Indonesia untuk tarik tunai biayanya Rp 6.500 per transaksi," jelas dia.

Ilustrasi dompet digital.

Photo :
  • vstory

Adapun untuk biaya transfer melalui QRIS Tuntas, sama dengan tarif BI Fast yang sebesar Rp 2.500 per transaksi. Perbedaannya adalah, dengan QRIS Tuntas ini, masyarakat yang tidak memiliki rekening ATM bisa melakukan penarikan secara tunai.

"Kalau BI Fast kan harus pakai account, kalau QRIS Tuntas boleh pakai account tapi juga boleh uang elektronik biaya murah Rp 2.500. Bahkan untuk transaksi sampai dengan Rp 100.000 per transaksi, kami sepakat untuk juga lebih murah lagi yaitu Rp 2.000 per transaksi," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya