Anies: BUMN Jangan Matikan Swasta

Capres Anies Baswedan di acara Dialog Apindo Capres 2024
Sumber :
  • Antara

JakartaCapres nomer urut satu, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya akan memaksimalkan untuk ruang kerja masyarakat swasta di Indonesia. Dia menyebut hal itu bakal menjadi sebuah harmonisasi ketika dirinya terpilih di pilpres 2024.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Anies berpendapat kalau hal tersebut harus dilakukan sebab rasio pendapatan pajak terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang dinilai masih rendah.

“Ruang fiskal kita ini memang terbatas. Ini harus kita tingkatkan. Saya lihat ada beberapa hal yang perlu kita kerjakan,” ujar Anies kepada wartawan di Jakarta Selatan, Senin 11 Desember 2023.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

“Satu, adalah harmonisasi peran pemerintah dan swasta ini harus kolaboratif jadi tidak semua bertumpu pada APBN,” imbuhnya.

Capres Anies Baswedan saat menghadiri Dialog Terbuka Muhammadiyah di UMS

Photo :
  • tvMU
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Mantan Gubernur DKI Jakarta menjelaskan bahwa sudah sejatinya pihak swasta itu ada peran dalam pembangunan di Indonesia.  Maka itu, pemerintah jangan menutup ruang untuk para masyarakat swasta di negara ini.

“Kami memang berpandangan bahwa BUMN tidak boleh justru yang menjadi mematikan swasta, karena BUMN justru harus memberi ruang kepada swasta,” kata dia.

Pun, Anies mengatakan kalau BUMN harus fokus dalam mensukseskan agenda tujuan pembangunan (development goals) negara alih-alih berfokus mencari keuntungan.

Pasalnya, kata Anies, terdapat potensi konflik kepentingan dari BUMN yang berfokus mencari keuntungan lantaran memiliki kekuatan negara yang berwenang menciptakan regulasi.

“Ini (BUMN) tidak diciptakan untuk meningkatkan pendapatan pemerintah atau pemerintah bermain di pasar dan ini conflict of interest. Satu sisi tangan kanan jadi regulator tangan kiri jadi market player of course it will benefit it self,” bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya