Benjie Yap Resmi Jadi Big Bos Unilever Indonesia Gantikan Ira Noviarti

Benjie Yap.
Sumber :
  • Linkedin Benjie Yap.

Jakarta – PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), mengangkat Benjie Yap sebagai presiden direktur dan berlaku efektif mulai Januari 2024 mendatang.

Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024

Direktur dan Sekretaris UNVR, Nurdiana Darus mengatakan, perubahan kepemimpinan dan kerangka baru organisasi Unilever Compass, membawa Unilever Indonesia memasuki babak baru untuk terus memaksimalkan potensi pertumbuhan berkelanjutan.

"Rapat hari ini secara resmi menyetujui Benjie Yap sebagai Presiden Direktur Perseroan," kata Nurdiana dalam keterangannya, Selasa, 19 Desember 2023.

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Presiden Direktur Unilever Indonesia, Ira Noviarti.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/Tangkapan layar

Dia mengatakan, dengan beragam keahlian dari posisi-posisi sebelumnya di Unilever, yang mencakup Research & Development, Strategi, Supply Chain, Marketing dan Brand Management, serta Customer Development, Benjie Yap dinilai telah mencatat capaian yang mengesankan. Termasuk pada saat duduk sebagai CEO Unilever Filipina.

Di Amerika Serikat, Sri Mulyani Bertemu CEO MCC Bahas Transportasi Publik di RI

Terlebih, Benjie telah dianugerahi banyak apresiasi, salah satunya adalah IABC CEO Excel Award pada 2007 dan AGORA Outstanding Achievement Award for Marketing Management pada 2015. Sejak 2021, dirinya juga telah menjadi bagian dari Globe's Business Council.

"Kami yakin beliau akan membawa keahlian dan kontribusi berharga bagi Perseroan dan industri," ujarnya.

Benjie menggantikan Ira Noviarti yang menjabat sebagai Presiden Direktur sejak tahun 2020. Ira berhasil memimpin Perseroan di tengah pandemi global COVID-19 pada 2020-2021, dan membawa Perseroan berada pada posisi yang lebih kuat.

Benjie Yap bergabung dengan Unilever pada tahun 1994 di Filipina, sebagai Technical Management Trainee dengan tugas awal di bidang manufaktur, teknik, R&D, dan Pengembangan Pengemasan. Dia beralih posisi ke Pemasaran sebagai Direktur Pemasaran Home Care pada tahun 2001.

RUPSLB Unilever Indonesia.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Benjie kemudian bergabung dengan dewan direksi sebagai marketing director home care and foods, wakil presiden marketing director, dan wakil presiden customer development. Benjie juga memiliki pengalaman di posisi internasional sebagai manajer pengembangan produk di Port Sunlight Inggris pada tahun 1999 dan sebagai VP perawatan rumah di Unilever Thailand pada tahun 2009.

Pada Maret 2017, ia menjadi CEO Unilever Filipina seraya menjabat sebagai beauty and wellbeing business unit general manager sejak tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya