Temukan Harga Gula Mahal, Mendag Ancam Blacklist Importir

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat memberikan keterangan terkait importir gula, Selasa, 19 Desember 2023
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Semarang – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meradang dan akan memasukkan importir gula yang ternyata barangnya tidak masuk ke daftar hitam atau blacklist. Hal itu dinilai membuat gula di pasaran naik karena stok yang kurang.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Saat bertanya ke pedagang Pasar Bulu Semarang, disebutkan pedagang bahwa ia menjual gula 17 ribu rupiah per kilogram karena harga beli sudah tinggi.

"Gula memang masih mahal, karena gula kan impor, ya. Dan itu, importir-importir yang sudah dikasih izin, yang tidak masuk barangnya, besok kita blacklist. Blacklist enggak boleh lagi masuk," tegas Zulhas, saat memantau harga bahan pokok di Pasar Bulu Semarang, Selasa, 19 Desember 2023.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Mendag Zulhas

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Zulkifli Hasan berkeliling ke pasar tradisional untuk mengecek harga dan stok kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Selain harga gula, Zulhas mengungkapkan kalau harga kebutuhan lainnya relatif stabil. Cabai harganya sudah turun, sementara harga komoditas seperti beras, minyak, daging ayam serta telur dalam batas aman.

Laporan: tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya