Bandara Dhoho Segera Beroperasi, Super Air Jet Jadi Maskapai Pertama yang Lakukan Penerbangan

Super Air Jet, salah satu maskapai di industri penerbangan Indonesia.
Sumber :
  • Super Air Jet

Jakarta – Kementerian Perhubungan menargetkan operasional Bandara Internasional Dhoho, Kediri, akan bisa beroperasi secara komersial pada awal tahun 2024 mendatang.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Sekretaris Jenderal Kemenhub, Novie Riyanto Rahardjo mengatakan, saat ini pembangunan konstruksi Bandara Dhoho sudah mencapai 100 persen, dan sudah dilakukan kalibrasi oleh pihak Ditjen Udara Kemenhub. 

"Jadi tinggal menunggu koordinasi antara pihak operator, dalam hal ini Angkasa Pura I nanti bersama-sama dengan airline. Dan ini insya Allah bisa dioperasikan sesegera mungkin," kata Novie dalam konferensi pers Akhir Tahun Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu, 20 Desember 2023.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Mas Dhito dampingi Menhub Budi Karya Sumadi tinjau pembangunan Bandara Dhoho

Photo :
  • Pemkab Kediri

Dia mengatakan, pihak maskapai Super Air Jet sendiri sudah mengirimkan permohonan penerbangan melalui Bandara Dhoho, Kediri. 

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

"Data yang masuk terakhir adalah Super Air Jet yang akan mengawali operasi di sana dan ditargetkan tidak terlalu lama," ujar Novie.

Pesawat Super Air Jet di Bandara. (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)

Selain itu, Novie mengakui bahwa pihak Angkasa Pura I (AP I) selaku pengelola Bandara Dhoho, saat ini juga masih berkoordinasi dengan sejumlah maskapai internasional untuk dapat melayani penerbangan haji dan umroh.

"Kemudian pihak Dhoho bersama Angkasa Pura I juga sedang berkoordinasi dengan berbagai penerbangan internasional, khususnya untuk melayani haji dan umroh. Hal itu mengingat kapasitas bandara tersebut yang tidak ada batasan," ujarnya. 

Diketahui, sebelumnya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Dhoho juga sangat potensial untuk melayani penerbangan umroh dan haji. 

"Kami sudah akan memberikan izin penerbangan umroh haji di bandara ini, Di sekitar bandara ini juga sudah memiliki fasilitas penunjang seperti, hotel dan fasilitas lainnya," kata Menhub dalam keterangannya beberapa waktu lalu. 

Kemudian, Menhub memberikan apresiasi kepada PT Surya Dhoho Investama (SDHI), anak usaha dari PT Gudang Garam, yang telah berinvestasi untuk membangun Bandara Dhoho Kediri, dengan total investasi mencapai Rp 13 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya