Anak Usaha Rukun Raharja Mulai Alirkan Gas ke Jaringan Pipa di Siak Riau

Rukun Raharja.
Sumber :
  • Dokumentasi Rukun Raharja.

Jakarta –  Emiten jasa distribusi gas bumi, PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) melalui anak usahanya, yakni PT Energasindo Heksa Karya (EHK), melakukan pengaliran gas perdana pada jaringan pipa gas, yang sebelumnya telah diperluas perseroan hingga Kabupaten Perawang, Provinsi Riau.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Direktur Utama RAJA, Djauhar Maulidi menjelaskan, jaringan pipa gas tersebut memiliki panjang sekitar 11,7 km.

"Yang menunjukkan dedikasi perseroan dalam memperluas pembangunan infrastruktur pada sektor energi di wilayah ini," kata Djauhar dalam keterangannya, Kamis, 21 Desember 2023.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Dia menjelaskan, proses konstruksi pipa memakan waktu sekitar 8 bulan, sesuai dengan rencana awal pembangunannya. Sehingga, pipa gas ini sudah dapat memberikan kontribusi pendapatan kepada perseroan mulai dari Januari 2024, sesuai dengan yang telah disampaikan sebelumnya kepada publik.

Anak usaha Rukun Raharja, Energasindo Heksa Karya.

Photo :
  • Dokumentasi Rukun Raharja.
Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Djauhar memperkirakan, penyerapan gas melalui pipa ini akan mengontribusikan 35 persen bagi sektor perdagangan gas EHK. Dia menegaskan, proyek ini adalah upaya kolaboratif RAJA dengan IKPP.

"Dan tentunya kami berharap tidak hanya di wilayah ini saja, tapi juga akan ada pengembangan infrastruktur di wilayah lainnya," ujar Djauhar.

Penjualan gas melalui pipa ini diproyeksikan akan memberikan tambahan pendapatan kepada EHK hingga sebesar US$ 45 juta per tahun, selama 10 tahun periode kontrak jual beli gas. Sehingga proyek ini akan memberikan dampak finansial yang signifikan.

Rukun Raharja.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Saat ini, pipa gas tersebut akan secara eksklusif digunakan oleh IKPP. Perseroan juga mempertimbangkan untuk menjajaki kemitraan strategis lain di masa depan, dan memperluas basis pelanggannya sesuai dengan permintaan pasar.

"Kami memahami bahwa bisnis perdagangan gas masih menjadi lini bisnis yang memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Selain di Provinsi Riau, perseroan akan terus melakukan pengembangan di wilayah-wilayah lainnya di Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya