Penjelasan OIKN soal Heboh Mahalnya Biaya Hidup di IKN Nusantara

Desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara Nusantara
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) merespons kehebohan soal biaya hidup di IKN, Kalimantan Timur yang lebih mahal dibandingkan Jakarta. Sebab, untuk biaya tempat tinggal saja sejenis kos-kosan dan kontrakan mencapai Rp 5 juta per bulan hingga Rp 80 juta per tahun.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Juru Bicara OIKN, Troy Pantouw menjabarkan biaya sewa kost/rumah di IKN dan Balikpapan memang lebih mahal. Hal ini dikarenakan kota itu kini sedang berkembang pesat, sehingga banyak permintaan dari masyarakat.

"Biaya sewa rumah di Nusantara, atau Balikpapan bisa jadi lebih tinggi dari Jakarta. Hal ini karena Balikpapan merupakan kota yang sedang berkembang pesat dan permintaan akan tempat tinggal di sana cukup tinggi. Maka ketika permintaan lebih tinggi dari penawaran harga naik, sehingga yang terjadi semacam hukum ekonomi atau terjadi situasi supply dan demand," ujar Troy saat dihubungi VIVA Bisnis Kamis, 28 Desember 2023.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Viral harga kontrakan di IKN

Photo :
  • Twitter @kegblgnunfaedh

Namun, menurut Troy, biaya hidup di IKN berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022 yang dirilis pada Desember 2023. Untuk biaya hidup di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur sebesar Rp 9,87 juta per bulan. Sedangkan DKI Jakarta masih jadi yang tertinggi sebesar Rp 14,88 juta per bulan. 

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

"IKN yang berdekatan dengan Balikpapan biaya hidupnya tidak jauh berbeda,," ujarnya. 

Meski demikian, Troy menuturkan untuk menekan biaya hidup bagai pekerja di IKN, pihaknya kini masih melakukan analisa secara detail. Salah satunya, akan bergantung pada distribusi keluar masuknya barang dan kebutuhan. 

"Bilamana berlangsung dengan mudah maka harga relatif menjadi tidak mahal apalagi didukung dengan ketersediaan bahan baku di daerah mitra.

Oleh karena itu kami sedang melakukan sinkronisasi perencanaan pembangunan dengan daerah mitra , termasuk mendorong potensi daerah masing-masing,bahkan sampai ke Kalsel kita lakukan sinkronisasi perencanaan khususnya RPJPD untuk 20 tahun ke depan," imbuhnya.

Sebelumnya, melalui akun X alias Twitter, @kegblgnunfaedh membagikan, biaya tempat tinggal di IKN mencapai Rp 55 juta per tahun hingga Rp 80 juta per tahunnya.

Pembangunan IKN Nusantara

Photo :
  • Dok. PUPR

"Kalau ga kerja di IKN, gabakalan tau kalau ternyata biaya hidup di sana lebih mahal dari Jakarta," tulis akun itu dikutip Rabu, 27 Desember 2023.

Dalam postingan itu terlihat pemilik akun mencari kosan di IKN. Dia pun menanyakan kepada pemilik kosan harga sewa, yang ternyata sebesar Rp 5 juta per bulan. Pun, dia mencari ke tempat lainnya dan ditemukan harga sebesar Rp 45 juta per tahun dengan letak rumah di pinggir jalan.

Lalu, kembali dicari kosan dengan harga murah dan ditemukan sebesar Rp 2,5 juta per bulan. Saat dicek kosan tersebut memiliki bangunan sederhana, dengan atap asbes  tanpa plafon. Kosan itu dilengkapi dengan wc jongkok.

Dia pun kembali mencari rumah lainnya, dan ditemukan tempat tinggal dengan harga Rp 3,5 juta per bulan. "Rp 3,5 juta/bulan. Harganya melebihi cicilan KPR," ujarnya.

Masih dalam postingan itu, ditemukan rumah dengan harga Rp 1 juta untuk pasangan suami istri. Namun, biaya itu belum termasuk air dan listrik.

Adapun rumah dengan harga paling murah itu, terlihat sederhana dengan dinding dan alas papan. "Gwenchanaaaa," tulis dia dengan emoji sedih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya