Sri Mulyani Pastikan Gaji PNS Naik per Januari 2024

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, memastikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS baik TNI/Polri hingga pensiunan naik di 1 Januari 2023. Meskipun aturan dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) belum rampung.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

"Insya Allah Januari, tapi RPP-nya itu memang sedang dalam proses. Tapi pasti nanti akan dibayarkan Januari penuh mulai 1 Januari. Jadi RPP-nya saja yang sedang berproses," ujar Sri Mulyani di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa, 2 Januari 2024.

Sri Mulyani mengatakan, kenaikan gaji itu akan dibayar penuh kepada para ASN TNI/Polri hingga pensiunan. Hal ini akan disampaikan lebih lanjut jika PP tersebut sudah rampung.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Ilustrasi/Pegawai Negeri Sipil.

Photo :
  • VIVAnews/Adri Irianto

"ASN, TNI, Polri dan pensiunan seperti yang disampaikan Bapak Presiden, nanti kita sampaikan begitu RPP sudah selesai. Artinya tidak dikurangi, mulainya 1 Januari," ujarnya.

Sri Mulyani Buka Suara soal Warga Beli Sepatu Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta

"Kalaupun lewat 1 Januari, haknya tetap dibayarkan untuk 1 Januari, kan 12 bulan gitu ya," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan, kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tahun 2024. Kenaikan gaji untuk ASN TNI/Polri sebesar 8 persen, dan pensiunan sebesar 12 persen.

"Perbaikan kesejahteraan, tunjangan dan remunerasi ASN dilakukan berdasarkan kinerja dan produktivitas. RAPBN 2024 mengusulkan perbaikan penghasilan berupa kenaikan gaji," ujar Jokowi.

"Diharapkan akan meningkatkan kinerja serta mengakselerasi ekonomi dan pembangunan nasional," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya