Jokowi Resmikan Tiga Jembatan Callender Hamilton di Jawa Tengah yang Usianya Hampir 40 Tahun

Jembatan Tajum Margasana sepanjang 150 meter merupakan Jembatan Callender Hamilton yang menghubungkan Kabupaten Banyumas dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA/HO - Kementerian PUPR.

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ada puluhan Jembatan Callender-Hamilton yang harus diganti karena usianya sudah mencapai sekitar 40 tahunan. Hal itu diungkapkan Jokowi saat meresmikan tiga Jembatan Callender Hamilton di Banyumas, Jawa Tengah pada Selasa, 2 Januari 2024.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

“Di Pulau Jawa ini ada 37 jembatan Callender-Hamilton yang harus diganti karena umur layanannya sudah melebihi 40 tahun,” kata Jokowi.

Adapun, tiga jembatan yang diresmikan Presiden Jokowi yaitu Jembatan Tajum Karangbawang Banyumas, Jembatan Tajum Margasana Banyumas, dan Jembatan Curug B Solo-Karang Anyar. “Kita meresmikan 3 jembatan yang telah selesai di Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Presiden Jokowi

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Kemudian, Jokowi mengungkapkan bahwa anggaran perbaikan tiga jembatan tersebut totalnya mencapai Rp251 miliar. Dengan rincian yaitu Jembatan Tajum Margasana di Banyumas senilai Rp72 miliar, Jembatan Tajum Karangbawang senilai Rp89 miliar dan Jembatan Curug B Solo senilai Rp90 miliar.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Tentu, Jokowi berharap dengan jembatan baru ini mobilitas barang, mobilitas orang akan semakin terjamin keamanan dan kecepatannya.

“Ini akan memperbaiki, akan merevitalisasi jembatan-jembatan yang memang sudah saatnya untuk diperbaharui, karena beban transportasi, beban logistik yang ada di atas jembatan semakin hari semakin berat,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya