Rizal Ramli Tutup Usia, Eks Menkeu: Kritiknya Pedas, tapi Dibutuhkan Indonesia

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta – Mantan Menteri Keuangan RI, Chatib Basri menyampaikan kenangannya tentang ekonom yang juga mantan menteri Prof. Dr. Ir. H. Rizal Ramli. Seperti diketahui, selain menjadi ekonom, Rizal Ramli pernah menjabat sebagai Menko Maritim, Kepala Bulog, hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan RI.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Chatib Basri mengatakan, sudah mengenal seniornya itu sejak zaman mahasiswa.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Turut berduka cita atas meninggalnya senior saya Dr. Rizal Ramli. Saya mengenal Bang Rizal sejak jaman mahasiswa dulu. Ekonom yang cemerlang, aktivis yang gigih," kenang Chatib Basri dikutip dari akun X resminya, Rabu, 3 Januari 2024.

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

Chatib Basri.

Photo :
  • Instagram @chatibbasri

Bahkan, Chatib mengaku merasakan sendiri bagaimana kritik dari Almarhum Rizal Ramli saat dia menjabat di pemerintahan. Chatib diketahui menjabat Menteri Keuangan Indonesia di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 21 Mei 2013 hingga 20 Oktober 2014.

Tensi Geopolitik Global Makin Tinggi, Sri Mulyani Waspadai Dampaknya ke Harga Minyak Dunia

"Saat saya di pemerintahan kritiknya bukan main pedasnya. Tapi saya tahu itu dibutuhkan untuk Indonesia yang lebih baik," katanya.

Ia mengatakan, Indonesia mengalami kehilangan besar atas wafatnya Rizal Ramli.

"Selamat jalan Bang Rizal. Kehilangan besar untuk Indonesia," ujarnya.

Seperti diketahui, Rizal merupakan ekonom sekaligus politikus senior. Deretan pengalamannya pernah menduduki jabatan penting sudah pernah diemban pria kelahiran Padang, 10 Desember 1954 tersebut.

Salah satunya pernah menjabat Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya periode Agustus 2015-Juli 2016. Lalu, Rizal juga pernah menjabat sebagai Kepala Bulog periode 2000-2001. Selain itu, juga menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian serta Menteri Keuangan RI pada era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). 

Figur Rizal dikenal sebagai tokoh yang kritis terhadap pemerintah. Rekam jejak Rizal di era pemerintahan Jokowi juga kerap menyuarakan pandangan kritis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya