BLT El Nino Akan Diberikan Hingga Maret 2024

Presiden Joko Widodo meninjau langsung penyaluran BLT El Nino
Sumber :
  • Pos Indonesia

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino akan diberikan kepada masyarakat, khususnya bagi penerima manfaat yang terdampak kekeringan hingga Maret 2024. Namun, kata dia, program akan dilanjutkan jika APBN mencukupi hingga Juni 2024.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Jokowi memberikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) di Gudang Bulog Klahang, Banyumas, Jawa Tengah pada Rabu, 3 Januari 2024.

“Karena ini memang BLT khusus, tidak semuanya dapat, tapi tidak juga dipilihin, enggak juga,” kata Jokowi.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Jokowi mengatakan, BLT El Nino diberikan pemerintah untuk membantu masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga akibat musim kemarau panjang. BLT El Nino diberikan untuk menutup adanya kenaikan harga di lapangan karena kemarin musim panasnya panjang.

Jokowi mengingatkan seluruh jajarannya agar bantuan pangan CBP sejumlah 10 kilogram untuk setiap penerima manfaat telah tersalurkan hingga Maret 2024.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

“Berarti ini bulan Januari sudah dapat semua? Sudah terima semuanya? Januari nanti dapat, Februari dapat lagi, Maret dapat lagi,” jelas dia.

Bahkan, kata dia, pemerintah akan melanjutkan program ini jika APBN mencukupi. Tentu saja, Jokowi mengatakan akan dihitung terlebih dulu anggarannya.

“Kalau nanti APBN-nya saya hitung dulu memungkinkan nanti April, Mei, Juni bisa kita teruskan lagi,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya