Menteri Basuki Targetkan Seluruh Ruas Tol JORR 2 Rampung di Kuartal I-2024

Menterrri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Dokumentasi Waskita Karya.

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Pamulang - Cinere - Raya Bogor, pada Senin, 8 Januari 2024. Nantinya, jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol yang sudah ada di Jabodetabek, yang mencakup ruas tol lingkar dalam (46 km), Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 (65 km), dan JORR 2 (111 km).

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Saat mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menjelaskan, jalan tol yang baru diresmikan tersebut merupakan bagian dari jaringan tol JORR 2, yang melingkar dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Kunciran, Serpong, Cinere, Cimanggis, Cibitung, Cilincing, hingga Pelabuhan Tanjung Priok. 

"Ditargetkan, seluruh ruas JORR 2 rampung pada kuartal I-2024. Hari ini yang diresmikan adalah ruas Cinere - Raya Bogor (11,2 km) dan Serpong Cinere seksi 2 Pamulang-Cinere (3,6 km)," kata Basuki dalam keterangannya, Senin, 8 Januari 2024.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

tol Cinere-Serpong.

Photo :
  • Dokumentasi Jasa Marga.

Dia menjelaskan, saat ini ruas JORR 2 yang masih dalam tahap penyelesaian, adalah Tol Cimanggis - Cibitung seksi 2B Cikeas - Cibitung (19,65 km). "Ruas ini akan rampung sekitar Maret 2024," ujarnya 

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Senada, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Miftachul Munir mengatakan, dengan dioperasikannya Seksi 2 ini, maka Jalan Tol Serpong-Cinere dengan BUJT PT. Cinere - Serpong Jaya (CSJ), akan beroperasi penuh melengkapi Seksi 1 Serpong-Pamulang yang telah terlebih dulu beroperasi pada 2021 lalu.

Tentunya, hal ini akan semakin mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong, dan sekitarnya, hingga ke Bandara Soekarno-Hatta. 

"Terutama ketika Seksi 2 Pamulang-Cinere ini tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo, yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ), yang saat ini juga telah rampung," ujarnya.

Diketahui, pengoperasian jalan tol ini diharapkan bakal memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat, untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dan pusat-pusat layanan perkotaan lain tanpa harus masuk ke jalan tol dalam kota dan JORR-1.

Selain itu, pengoperasian Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor ini diharapkan juga dapat memperlancar mobilitas masyarakat, barang dan logistik, serta dapat mengurangi kemacetan di dalam kota Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya