Momen Sri Mulyani Sapa Siti Nurbaya di Rapat Kabinet: Eh Ibu, Sudah Hijau Sekarang?

Menkeu Sri Mulyani saat bertemu Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Istana
Sumber :
  • Ist

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Rapat Kabinet Paripurna terkait peningkatan kinerja aparatur sipil negara (ASN) melalui keterpaduan layanan digital pemerintah di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Selasa, 9 Januari 2024.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju pun hadir dalam rapat tersebut, diantaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan lainnya.

Sebelum rapat, ada momen yang cukup membuat suasana di Istana Negara pecah tawa. Dimana, Sri Mulyani menyapa dan menyalami Siti Nurbaya yang sedang duduk di kursi rapat seraya berkelakar.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

“Eh ibu, sudah lama banget enggak ketemu. Sudah ijo (hijau) sekarang,” kata Sri Mulyani.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • Instagram @smindrawati
Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Mendengar kelakar Sri Mulyani itu, Tito Karnavian pun tertawa. Kemudian, para awak media pn menanyakan kepada Sri Mulyani maksud pernyataannya hijau yang dialamatkan untuk Siti Nurbaya.

"Udaranya yang hijau. Indikator udaranya yang hijau. Tadinya kan merah" jelas Sri Mulyani.

Setelah itu, Sri Mulyani baru menyadari saat ini sedang sensitif mengenai simbol jari, angka dan warna-warna. Makanya, Sri Mulyani langsung minta maaf. "Salah, salah, salah, mohon maaf. Sekarang jari, angka, sama warna engga boleh ya,” ujarnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya

Photo :
  • ANTARA FOTO/Kahfie Kamaru

Klarifikasi Siti Nurbaya Bakar

Pernyataan Sri Mulyani pun disambut juga oleh Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar yang duduknya di sebelah Siti Nurbaya. "Kenapa diralat bu," kata Halim.

Lalu, Sri Mulyani mengaku tidak meralatnya tapi cuma menjelaskan saja. "Saya tidak meralat tapi menjelaskan" kata Sri Mulyani.

Menteri LHK, Siti Nurbaya akhirnya memberikan penjelasan atas pernyataan Sri Mulyani soal ‘Hijau’ saat salaman sebelum Sidang Kabinet Paripurna dibuka oleh Presiden Jokowi.

“Ini lho yang dimaksud Bu Menkeu SMI tentang ‘sudah hijau’. Itu indeks kualitas pencemaran udara yang data dan gambarannya udah baik sekarang. Bulan Juli-Agustus lalu kuning sampe merah,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya