Manajeman Alfamart Buka Suara soal Viral Emak-emak Protes Beli Barang Kadaluarsa

Gerai Alfamart.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

Jakarta – Sebuah video viral di media sosial sejak beberapa hari lalu, dan memperlihatkan seorang wanita yang tengah mengamuk kepada seorang kasir toko waralaba Alfamart. Wanita yang marah-marah sambil merekam video tersebut terlihat memaksa si kasir wanita itu, untuk memperlihatkan wajahnya yang ditutup kedua tangannya karena menolak direkam.

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Sambil berteriak-teriak, si wanita perekam itu mengaku telah diberi produk bubur bayi yang sudah kadaluwarsa dari toko tersebut, sehingga menyebabkan anaknya hampir meninggal dunia karena mengonsumsinya.

Saat dikonfirmasi, Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin menegaskan, pihaknya langsung bergerak cepat melakukan penelusuran, guna memastikan kronologi sebenarnya dari kasus tersebut.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

"Seterimanya info tadi, saya langsung minta dilakukan penelusuran seperti apa kejadiannya," kata Solihin saat dihubungi VIVA Bisnis, Rabu, 10 Januari 2024.

Dari laporan sementara yang diperolehnya, Solihin membenarkan bahwa konsumen tersebut telah membeli produk sereal bubur bayi, kemudian pulang ke rumahnya. Baru keesokan harinya, konsumen itu pun kembali mendatangi toko dan terjadilah hal sebagaimana terlihat di video yang beredar tersebut.

Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini

Viral ibu-ibu labrak karyawan minimarket yang jual makanan kadaluarsa

Photo :
  • Instagram @memomedsos

"Tadi kita telusuri dari kode expired dengan produk-produk yang sama di waktu penjualan itu terjadi. Mohon bersabar," ujarnya.

Solihin menegaskan, Alfamart tentunya tidak menolerir apabila ada unsur kesengajaan dari pihak pegawai toko, yang sengaja memberikan produk kadaluwarsa kepada pelanggan.

"Kalau sengaja seseorang, apalagi karyawan, melakukan penjualan yang jelas-jelas barang itu expired, saya tidak menolerir. Tapi saya dalam hal ini pasti akan meminta semua keterangan dari hal yang terjadi, yang sekarang ini cukup jadi pembicaraan," kata Solihin.

Viral, Konsumen Marahi Kasir Minimarket karena Jual Makanan Kedaluwarsa

Photo :
  • Facebook

Tanpa bermaksud menyalahkan pihak manapun, Solihin menyayangkan bahwa mekanisme pengecekan tanggal kadaluwarsa dari produk yang dipermasalahkan itu, bisa sampai abai dilakukan baik oleh pihak kasir toko maupun pihak pembeli.

"Saya tidak ingin menyalahkan, tapi saya sebagai konsumen kalau membeli barang selalu memperhatikan hal tersebut (kode expired) sebelum kita bayar, apa lagi untuk dibawa pulang atau langsung kita konsumsi," kata Solihin.

"Tapi saya tidak ingin menyalahkan atau membenarkan orang saya. Kalau memang benar barang itu expired, tentunya saya harus memastikan," ujarnya menambahkan.

Karenanya, lanjut Solihin, pihak Alfamart pun meminta waktu untuk melakukan penelusuran tersebut, supaya masalahnya menjadi jelas. Sebab, dari kronologi yang diketahuinya, komplain si wanita konsumen itu dilakukan sehari setelah pembelian dilakukan di toko tersebut.

"Iya (masih diinvestigasi). Saya mau memastikan dulu. Karena barang itu, sereal bubur bayi, dijual bukan hanya satu, tapi sekian banyak. Karena terjadi komplainnya itu bukan pada waktu itu ya, selang setelah dia pulang dan lain sebagainya. Tapi pokoknya kita harus tegakkan kebenaran dan berdagang secara jujur," ujarnya.

Viral ibu-ibu labrak karyawan minimarket yang jual makanan kadaluarsa

Photo :
  • Instagram @memomedsos

Diketahui, dalam video yang beredar, wanita yang marah-marah itu memaksa kasir Alfamart yang terlihat menutup wajahnya dengan kedua tangan, untuk memperlihatkan wajahnya sambil direkam oleh si wanita perekam tersebut.

"Buka mukamu, sini mukamu, sini mukamu. Kau tanggung jawab diteliti barang-barang itu. Kadaluwarsa barangnya, anakku mau mati jadinya," ujar wanita perekam video sambil histeris.

"Hati-hati belanja di sini Bu, ini kadaluwarsa," ujarnya kepada para konsumen lain yang berada di toko.

Pada bagian akhir video, diperlihatkan kemasan bubur bayi merek Nestle Cerelac, dengan tanggal kadaluwarsa Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya