Hilirisasi Produk Rumput Laut, Jokowi Beberkan RI Punya Potensi yang Besar

Petani rumput laut di Sidoarjo.
Sumber :
  • Dokumentasi LPEI.

Jakarta – Presiden Joko Widodo berencana membangun dan menggenjot industri rumput laut di Tanah Air, guna mewujudkan wacana untuk melakukan hilirisasi pada komoditas tersebut. Hal itu diutarakan Presiden, saat mengunjungi pabrik pengolahan rumput laut di W Hydrocolloids Inc., Filipina.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Jokowi berpendapat, sebenarnya Indonesia sudah didukung dengan sumber daya yang sangat besar, dalam upaya mengembangkan industri pengolahan rumput laut tersebut.

Salah satunya yakni panjangnya garis pantai dan pesisir yang membentang di seluruh penjuru Tanah Air, yang merupakan lokasi yang cocok digunakan untuk usaha budidaya rumput laut.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

"Ini sebuah peluang bagi petani-petani rumput laut kita, yang bisa kita kembangkan tidak hanya di satu, dua, tiga lokasi, tapi di seluruh Tanah Air. Karena kita memiliki pesisir yang sangat panjang," kata Jokowi dalam keterangannya, Kamis, 11 Januari 2024.

Presiden Jokowi saat akan memulai rangkaian kunjungan ke tiga negara di Asia Tenggara (ASEAN), yaitu Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Photo :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Presiden berharap, nantinya sentra-sentra pengolahan rumput laut di Indonesia bisa terus berkembang dan meningkatkan produksinya. Tujuannya tak lain adalah supaya bisa memberikan nilai tambah bagi para petani rumput laut, dan menyejahterakan mereka secara ekonomi.

"Perlu dipersiapkan petani-petani kita agar kita memiliki kapasitas yang lebih besar, sehingga sebagian diproduksi di Indonesia sebagian bisa diekspor ke Filipina atau ke negara lain. Sehingga ada nilai tambah bagi petani kita," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Presiden Jokowi juga sempat mengutarakan rencananya untuk melakukan hilirisasi di berbagai sektor, termasuk di bidang sumber daya pertanian dan kelautan. Di mana untuk sektor kelautan, Jokowi pernah mengatakan bakal menggenjot industri rumput laut tersebut.

Petani rumput laut.

Photo :
  • Dokumentasi LPEI.

Karena selain bisa digunakan untuk urusan farmasi hingga kecantikan, ternyata manfaat rumput laut juga bisa dijadikan bahan bakar ramah lingkungan yakni bioetanol.

"Produk-produk kelautan banyak sekali, sekarang mungkin ke depan yang akan kita ramaikan itu rumput laut. Karena tidak hanya untuk urusan farmasi, kecantikan, rumput laut juga bisa dipakai untuk membuat bioetanol," kata Jokowi di Jakarta, Kamis, 2 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya