Bangun Kantor di IKN, LPS Gelontorkan Dana Rp 841 Miliar

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

IKN Nusantara – Presiden Jokowi resmi melakukan peletakkan batu pertama atau groundbreaking kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu, 17 Januari 2024.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa menyebutkan pihaknya menggelontorkan dana sebesar Rp 841 miliar untuk membuat perkantoran baru di IKN. Dana itu digunakan untuk pembangunan 3 gedung di IKN. Pada tahap pertama, kata dia, yaitu pembangunan Gedung Arthadhyaksa, nominal investasinya adalah Rp 230 miliar.

"Untuk tahap pertama enggak sebesar yang kita perkirakan semula. Tiga bangunan ini sekitar Rp 841 miliar. Tahap pertama sampai Agustus nanti sekitar Rp 230 miliar, yang gedung tengah nanti (Arthadhyaksa)," kata Purbaya kepada wartawan di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu, 17 Januari 2024.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Purbaya menyebut sebelumnya LPS awalnya sudah menyiapkan dana sebesar Rp 3,7 triliun. Namun, lanjut dia, LPS hanya menetapkan lahan 1 hektare.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

"Kalau saya gembar-gembor dulu kan Rp 3,7 triliun, tapi dapat tanahnya 1 hektare tuh dan kita dapat alokasi di sini enggak sebanyak yang kita duga sebelumnya. Kan tadinya mau rame-rame ke sini sini langsung bedol desa, ternyata hanya bertahap," ucap dia.

Di sisi lain, Purbaya mengatakan bahwa Pembangunan Kantor Pusat LPS di IKN bertujuan untuk mendukung program pengembangan IKN yang dilakukan pemerintah, serta bentuk nyata dari LPS untuk memberikan rasa aman dan rasa tenang melalui program penjaminan bagi nasabah perbankan dan asuransi di seluruh pelosok negeri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu, 17 Januari 2024. Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking gedung Arthadhyaksa kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) secara resmi saya nyatakan dimulai," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi berharap agar pembangunan LPS di IKN dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, dunia usaha serta investor. 

"Saya berharap pembangunan kompleks perkantoran LPS di IKN ini dapat meningkatkan, kepercayaan masyarakat, kepercayaan dunia usaha, kepercayaan investor, karena kalau LPS sudah memulai, artinya yang lain pasti akan percaya bahwa ibu kota ini akan segera jadi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya