Pentingnya Persiapan Dana Pensiun Sejak Dini, DPLK BRIFINE di BRImo Solusinya

Aplikasi BRImo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mempersiapkan dana pensiun memang butuh waktu yang lama dan tidaklah mudah. Atau mungkin kamu sendiri yang sulit dalam memperhitungkan dana pensiun yang cukup untuk memenuhi kebutuhan di hari tua. Jika saat ini kamu masih memiliki penghasilan tetap setiap bulan, maka ini adalah saat yang tepat untuk mempersiapkan dana pensiun lebih awal.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib


Karena bisa dibayangkan ketika tua, kamu sudah tidak menerima gaji setiap bulan. Maka dari itu, persiapan yang matang akan menjadi penolong di masa pensiun. Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi keuangan terkait sektor dana pensiun hanya 30,46 persen.


Hasil survei tahun 2022 itu juga mendapati indeks inklusi keuangan sektor pengelolaan dana pensiun hanya 5,42 persen. Artinya, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya persiapan dana pensiun. Tak banyak pula pekerja di Indonesia yang memiliki dana pensiun.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Kenapa Penting Memiliki Dana Pensiun?

Mulai mempersiapkan dana pensiun muda.

Photo :
  • http://chrisveto.com
BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Dari penjelasan di atas, tentunya bisa menjadi pertimbangan buat kamu untuk sedari dini menyiapkan dana pensiun. Nah, simak yuk beberapa alasan penting mengapa kamu harus memiliki dana pensiun sejak dini, yaitu:

- Memenuhi kebutuhan hidup di masa pensiun. Pada masa pensiun, nggak lagi memiliki penghasilan rutin seperti saat masih bekerja. Karena itu, dana pensiun diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

- Menjaga stabilitas keuangan. Dana pensiun diperlukan untuk menjaga stabilitas keuangan dan mencegah terjadinya kesulitan finansial di masa pensiun.

- Mewujudkan tujuan keuangan. Dana pensiun juga dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan keuangan, seperti membeli rumah, menyekolahkan anak, atau berwisata.


Lembaga Keuangan Pengelola Dana Pensiun

Buat membantu masyarakat mempersiapkan dana pensiun, pemerintah telah membentuk lembaga keuangan. Sebutannya: Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).


DPLK adalah badan hukum yang mengelola dana pensiun yang berasal dari iuran peserta. DPLK dikelola oleh perusahaan asuransi jiwa atau bank umum.

Salah satunya adalah BRI sebagai bank umum yang menjadi penyelenggara program pensiun tersebut. Yakni dengan nama BRI Future Investment atau BRIFINE.

BRIFINE: Layanan DPLK BRI

BRIFINE adalah layanan DPLK yang diselenggarakan oleh BRI. BRIFINE menawarkan berbagai pilihan program dan investasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan profil risiko peserta.

BRIFINE dari BRI juga memiliki dua produk, yakni Program Iuran Pasti (PPIP) bagi peserta Individu maupun Korporasi, serta Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP) bagi peserta Korporasi.

Pilihan investasi untuk DPLK beragam mulai dari DPLK BRI Pasar Uang, DPLK BRI Pendapatan Tetap, DPLK BRI Saham dan DPLK BRI Berimbang Syariah.

Benefit Peserta BRIFINE

BRI melalui program BRIFINE menawarkan benefit tersendiri bagi para peserta, antara lain:
 
- Sebagai bagian dari perencanaan keuangan
- Hasil Investasi bebas pajak
- Return investasi yang optimal
- Kemudahan dan fleksibilitas dalam pemilihan paket investasi
- Akses portofolio investasi yang sangat mudah dan transparan

BRIFINE Tersedia di BRImo

Sebagai layanan mobile banking dari BRI, BRImo juga memiliki akses untuk ke program BRIFINE. Mulai dari pendaftaran BRIFINE, cek saldo, hingga penambahan setoran.

Cara membuka BRIFINE di BRImo:

Berikut ini cara membuka BRIFINE yang mudah dilakukan melalui aplikasi BRImo:

1. Klik fitur DPLK BRI
2. Pilih Buka BRIFINE
3. Menyetujui Keuntungan, Ketentuan, dan Biaya
4. Mengisi Data Peserta

- Data Iuran
- Data Pekerjaan
- Foto e-KTP

5. Masukkan PIN
6. Sukses

Selain itu, untuk cek saldo dan top up saldo BRIFINE atau penambahan setoran iuran dapat dilakukan setiap saat di aplikasi BRImo.
DPLK BRIFINE adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mempersiapkan dana pensiun. BRIFINE menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan yang dapat membantu kamu mencapai tujuan keuangan kamu.

Kalau kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait program dana pensiun BRIFINE dengan mudah dan praktis pakai BRImo bisa dilihat di sini. Segera download BRImo melalui App Store, Play Store dan Huawei AppGallery sekarang juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya