IHSG Diprediksi Menghijau, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 15 poin atau 0,21 persen di level 7.232, pada pembukaan perdagangan Selasa, 23 Januari 2024.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed dan menguat pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed dan menguat," kata Ratih dalam riset hariannya, Selasa, 23 Januari 2024.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Karyawan melintas di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bank Indonesia (BI) melaporkan, jumlah uang beredar dalam arti luas (M2) pada Desember 2023 tumbuh 3,5 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp 8.824,7 triliun, serta lebih tinggi dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 3,3 persen (yoy).

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

"Penyaluran kredit tahunan pada periode yang sama tumbuh 10,3 persen, naik dari pertumbuhan bulan November 2023 yang sebesar 9,7 persen," ujar Ratih.

Dia merinci, akselerasi penyaluran kredit terjadi pada seluruh jenis penggunaan. Misalnya seperti Kredit Modal Kerja (KMK), Kredit Investasi (KI), dan Kredit Konsumsi (KK).

Di sisi lain, meskipun IHSG terapresiasi, investor asing catatkan jual bersih senilai Rp 308,95 miliar. Sejalan dengan aksi tersebut, nilai tukar rupiah Jisdor terdepresiasi 1 persen sejak awal tahun 2024, menjadi Rp 15.627 per dolar AS per tanggal 22 Januari 2024.

"IHSG diprediksi bergerak cenderung melemah dalam range 7.150-7.300," ujarnya.

Selain itu, ia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni ACES, BSDE, MEDC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya