Ajak Industri Manfaatkan CCS, Luhut Kasih Bukti Komitmen Pemerintah

Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, acara tahunan 'International & Indonesia CCS (IICCS) Forum 2024' yang bakal digelar pada 31 Juli - 1 Agustus 2024, memiliki arti strategis bagi Indonesia.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Yakni sebagai forum yang berfungsi menjadi platform, untuk menunjukkan pengakuan atas kepemilikan salah satu potensi penyimpanan karbon dioksida terbesar yang pernah ada.

"Forum ini memberikan bukti kuat atas kepedulian kami terhadap lingkungan dan praktik berkelanjutan," kata Luhut dalam tayangan video di konferensi pers 'International & Indonesia CCS Forum 2024', kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Januari 2024.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Dia menekankan, pemerintah Indonesia juga selalu menekankan upaya untuk mengurangi emisi karbon, sebagai persyaratan untuk berinvestasi di tahun-tahun mendatang.

Ilustrasi jejak karbon.

Photo :
  • New perspective marketing
Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Semua stakeholder di industri CCS juga telah didorong, untuk memanfaatkan potensi kapasitas penyimpanan karbon Indonesia yang besar. Serta, mengembangkan industri hilir untuk menghasilkan implementasi CCUS hub Indonesia yang rendah.

"Ini adalah upaya kolaboratif yang sangat penting dalam mencapai tujuan kita bersama, mengenai tanggung jawab berkelanjutan dan lingkungan di masa depan," ujarnya.

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

Luhut memastikan, pemerintah Indonesia juga telah mendukung implementasi CCS hub Indonesia. Di mana, saat ini Pemerintah sendiri tengah mempersiapkan pengumuman Peraturan Presiden tentang penyimpanan karbon tersebut.

"Yang secara resmi juga turut disahkan oleh beberapa menteri indonesia, dan kami juga membantu soal investasi berkelanjutan," ujar Luhut.

"Kami menyatakan dukungan penuh kami terhadap sektor CCS Indonesia. Kami mendesak pusat untuk berinovasi, dan mereka dapat membina kolaborasi kami dengan para pemangku kepentingan, termasuk lembaga negara, BUMN, perusahaan swasta, dan lembaga internasional," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya