Sri Mulyani Datangi Puan ke DPR, Bahas Apa?

Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan Ketua DPR RI Puan Maharani
Sumber :
  • Instagram @smindrawati

Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, dia baru saja bertemu dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani. Pertemuan itu dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Sri Mulyani mengatakan, pada pertemuan ini dia didampingi oleh Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara dan Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo. 

"Kemarin, saya ditemani Pak @suahasil dan Pak @tiko1973 selaku wakil Panitia Seleksi Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Pengelola Investasi (LPI) berjumpa dengan @ketua_dprri Bu Puan Maharani @puanmaharaniri, untuk berkonsultasi mengenai pergantian anggota Dewas LPI dari unsur profesional," ujar Sri Mulyani lewat Instagramnya @smindrawati Jumat, 26  Januari 2024. 

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan Ketua DPR RI Puan Maharani

Photo :
  • Instagram @smindrawati

Bendahara Negara ini menjelaskan, konsultasi dengan DPR merupakan mandat sesuai Undang-Undang Cipta Kerja, dan PP 74/2020 mengenai Lembaga Invetasi Pemerintah (LPI). 

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

Sri Mulyani menuturkan, Jokowi sendiri telah menyampaikan dua nama usulan calon Anggota Dewan Pengawas tersebut kepada DPR. Hal ini melalui surat R-56/Pres/10/2023 tanggal 25 Oktober 2023 untuk dilakukan konsultasi.

"Presiden menugaskan Menkeu untuk melakukan konsultasi dengan DPR melalui surat Mensesneg nomor B-988/M/D-3/AN.01.00/10/2023 tanggal 23 Oktober 2023," jelasnya. 

Menurutnya, proses ini sangat penting mengingat terdapat satu posisi Dewas yang harus diisi kembali per Januari ini. Sri Mulyani menjelaskan, LPI merupakan salah satu kendaraan Pemerintah dalam menjalankan pembangunan dengan tata kelola yang baik dan mengutamakan sustainabilitas. Sehingga LPI yang terdiri dari Dewas dan Dewan Direktur haruslah diisi oleh orang yang benar-benar kompeten di bidangnya.

"Semoga seluruh proses pemilihan Dewas LPI dapat meningkatkan kinerja LPI dalam menjalankan misi besarnya sebagai Sovereign Wealth Fund (SWF) yang dimiliki oleh bangsa kita..!" imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya