Sebut RI Jadi Salah Satu Negara Bersuhu Tinggi, Sri Mulyani: Bukan karena Politik

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut Indonesia sedang mengalami suhu panas yang kini banyak dirasakan oleh masyarakat. Dia bergurau, masalah suhu panas ini bukan karena adanya situasi politik. 

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Bendahara Negara ini menjelaskan, suhu panas itu akibat dari persoalan perubahan iklim. Bahkan, perubahan iklim saat ini menjadi salah satu tantangan dunia. 

"Indonesia terlihat sebagai salah satu negara dengan suhu tertinggi, dan ini bukan karena situasi politik. Tapi benar-benar panas," ujar Sri Mulyani dalam acara PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) Anniversary Dialogue di St Regis Hotel, Jakarta, Selasa, 29 Januari 2024. 

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Ilustrasi cuaca panas.

Photo :
  • Pixabay

Sri Mulyani mengungkapkan, rata-rata suhu dunia kini naik 0,6 derajat celsius pada 2023 lalu. Sedangkan Indonesia merupakan salah satu negara dengan suhu udara terpanas mencapai 27,8 derajat celsius.

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

"Ini yang terpanas kedua dari tahun 2016 (rata-rata) 27 derajat celcius," terangnya.

Dengan demikian, Sri Mulyani menginstruksikan PT IFF untuk mengedepankan pembangunan infrastruktur secara berkelanjutan. Hal ini ditujukan untuk menekan emisi yang dapat mempengaruhi kenaikan suhu bumi.

"Maka kita harus memperbaiki masalah perubahan iklim untuk kesejahteraan masyarakat yang itu IFF harus menjadi pemecah masalah," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya