Temui Menteri Energi UEA, Luhut Bahas Kerja Sama 8 Sektor dari EBT hingga IKN

Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menggelar pertemuan dengan Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab (UEA), Minister Suhail Mohamed Al Mazrouei

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Dalam unggahan di Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, Luhut menjelaskan bahwa pertemuan ini merupakan pertemuan lanjutan, guna membahas sejumlah kerja sama di delapan sektor yang sudah disepakati.

Kedelapan sektor tersebut antara lain yakni sektor energi terbarukan, konstruksi kilang minyak, investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), industri perawatan dan perbaikan penerbangan dan pelabuhan, program pertahanan dan satelit, pengembangan hutan bakau, serta keamanan pangan dan energi.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Setidaknya fokus pertemuan kali ini dimulai dari tiga isu khusus yakni energi berkelanjutan, investasi kendaraan listrik dan lingkungan, serta penanggulangan perubahan iklim yang akan dijalankan oleh kedua negara secara bersama-sama," kata Luhut dikutip Kamis, 1 Februari 2024.

Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)
6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Dalam pertemuan tersebut, Luhut mengatakan bahwa kedua pihak telah sepakat untuk terus mendorong kerja sama yang saling menguntungkan, berkelanjutan, dan inovatif.

Selain itu, Luhut berharap agar kerja sama Indonesia-UEA ini dapat menjadi pelopor, dalam agenda perkembangan global. Sebab, kerja sama ini telah membuat kemajuan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk perdagangan, investasi, dan hubungan antarwarga negara.

"Saya menyampaikan rasa terima kasih yang tulus saya kepada beliau, karena telah berkenan menjaga komitmen untuk melanjutkan dialog, kerja sama," ujar Luhut.

Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • Antara.

Sehingga, lanjut Luhut, hubungan bilateral antara Indonesia dan UEA ke depannya juga diharapkan bisa semakin sukses dan terus berkembang.

"Dengan begitu, kemitraan strategis yang komprehensif di semua bidang bisa diwujudkan bersama oleh kedua negara sahabat ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya