Dukung Pengembangan Bisnis Energi Panas Bumi RI, IDSurvey dan Geo Dipa Energi Kolaborasi

IDSurvey dan Geo Dipa Energi teken kerja sama
Sumber :
  • Dok. IDSurvey

Jakarta – PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai lead Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey menandatangani nota kesepahaman dengan PT Geo Dipa Energi (Persero). Kerja sama itu tentang kerja sama joint study kegiatan operasi dan pengembangan serta survei, inspeksi, pengujian, verifikasi, konsultansi dan sertifikasi untuk mendukung pemasaran dan pengembangan bisnis energi panas bumi.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Direktur Utama IDSurvey/BKI Arisudono Soerono beserta jajaran Direksi BKI, Direktur Utama SUCOFINDO, Jobi Triananda Hasjim, Direktur Utama Surveyor Indonesia, M. Haris Wijtaksana, Direktur Komersial Surveyor Indonesia, Saifudin Wijaya, Direktur Utama Geo Dipa Energi, Yudistian Yunis, dan Direktur Operasi Geo Dipa Energi, Supriadinata Marza. IDSurvey menyatakan, langkah ini merupakan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk negeri.

“Sebagai perusahaan holding jasa survei yang bergerak dalam sektor Testing, Inspection, Certification, Classification & Statutory (TICCS), kami berkomitmen untuk mengakselerasi pembangunan berkelanjutan dengan menghadirkan layanan yang relevan dan membangun sinergi multipihak tak terkecuali dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) dalam mendukung kontribusinya terhadap target energi terbarukan Indonesia,” ujar Direktur Utama IDSurvey, Arisudono Soerono dikutip dalam keterangan tertulis, Senin, 5 Februari 2024.

BKI Berangkatkan Ratusan Pemudik di Mudik Gratis BUMN 2024, Harap Tingkatkan Keselamatan Lalu Lintas

Ilustrasi/Petugas sedang memantau aktivitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Ia berharap penandatanganan nota kesepahaman bisa mendorong pengembangan bisnis di sektor energi khususnya di bidang panas bumi dan dapat berkontribusi untuk memajukan negeri. Indonesia diketahui memiliki sumber energi panas bumi yang banyak. Hal itu bisa dilihat dari jumlah gunung berapi. 

Komitmen IDSurvey Tingkatkan Kapasitas Layanan TIC di Wilayah Timur Indonesia

Arisudono juga berharap kerja sama ini dapat menjadi instrumen yang efektif dalam mewujudkan langkah-langkah konkret bersama ke tingkat yang lebih strategis.

“Kami meyakini bahwa dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, sinergi ini akan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kemajuan bersama dalam skala yang lebih luas,” tutup Arisudono

Sementara itu, Direktur Utama Geo Dipa Energi, Yustian Yunis mengatakan, pihaknya berharap adanya kerja sama ini membant pengembangan studi geothermal dengan pengadaan tempat uji atau testing yang tersertifikasi dan laik serta efisiensi biaya pengujian yang mana selama ini tidak ada tempat untuk melakukan pengujian selain di negara asing.

"Kolaborasi IDSurvey dan Geo Dipa diharapkan dapat memberikan gambaran lebih utuh atas aturan pemerintah dan membuahkan sesuatu kepada negeri agar akselerasi dan perkembangan energi ini dapat sesuai dengan target pemerintah dan mewujudkan net zero emission di tahun 2060,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya