Pemerintah Kebut 41 PSN Senilai Rp 500 Triliun Rampung pada 2024

Ilustrasi Proyek Strategis Nasional (PSN).
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menargetkan, sebanyak 41 Proyek Strategis Nasional (PSN) selesai di 2024. Total nilai PSN itu mencapai Rp 500,07 triliun.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo mengatakan target tersebut merupakan perkiraan yang optimis.

“Ini perkiraan, namanya proyek itu bisa ada masalah di lapangan sehingga mungkin bergeser, tapi ini perkiraan yang optimis dari kita. Karena kita ingin mempercepat dan memperbanyak penyelesaian proyek-proyek PSN,” ujar Wahyu dalam media briefing Rabu, 7 Februari 2024.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Wahyu Utomo

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Wahyu menjelaskan, dari 41 proyek PSN ini sebanyak 31 proyek ditargetkan rampung pada periode Januari-Oktober 2024. Sedangkan, 10 proyek lagi ditargetkan rampung di Oktober-Desember 2024, alias setelah Presiden Jokowi berhenti menjabat.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Adapun untuk nilai proyek PSN terbesar tahun ini adalah konstruksi Kawasan Industri Bantaeng di Sulawesi Selatan yang mencapai Rp 155 triliun. Sementara nilai PSN terendah, yakni Pelabuhan Sorong senilai Rp 121,9 miliar yang direncanakan rampung November 2024.

Lebih lanjut Wahyu mengatakan, mayoritas PSN yang direncanakan selesai setelah pemerintahan Jokowi adalah proyek bendungan. Hal ini diantaranya Bendungan Marangkayu, Bendungan Tigadihaji, Bendungan Bener, Bendungan Bagong, Bendungan Budong-Budong, dan Bendungan Rukoh.

Secara total, PSN bendungan yang dijadwalkan rampung pada tahun ini mencapai 14 proyek. Dengan demikian, total bendungan yang dibangun pada 2015-2024 mencapai 61 proyek. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya