Luhut Pastikan Elon Musk Sambangi IKN Pasang Akses Internet Starlink

Luhut memberikan Elon permen Kopiko
Sumber :
  • instagram/@luhut.pandjaitan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Chief Executive Officer (CEO) Tesla, Elon Musk, bakal mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Usai menjalin komunikasi telepon dengan Elon Musk pekan lalu, Luhut mengatakan bahwa kedatangan Bos SpaceX ke IKN itu adalah untuk kepentingan proyek satelit Starlink miliknya. Dimana, Starlink rencananya bakal menyediakan akses internet di IKN.

"Saya dengan Elon Musk telepon pada Jumat lalu. Kan Starlink mau masuk, saya kira hampir selesai persyaratannya. Jadi Dia (Elon Musk) akan ke IKN," kata Luhut saat ditemui di kantornya, Rabu, 7 Februari 2024.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

VIVA Infografik: Elon Musk diwawancarai Anindya Bakrie di B20 Summit 2022.

Photo :
  • Dok. VIVA

Namun, Luhut mengaku masih belum bisa memastikan, kapan waktu kunjungan Elon Musk ke IKN tersebut akan terlaksana.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Kapan dia mau datang? Begitu surat (Starlink) di Kominfo selesai, seminggu kemudian kita kasih issue dia Izin Layak Operasi (ILO). Begitu itu jalan 5 hari, kemudian dia bisa datang ke Indonesia," ujarnya.

Saat Elon Musk datang ke Indonesia nantinya, Luhut mengaku akan mengusulkan agar Elon berkenan mengunjungi IKN. "Karena dia katanya mau launching ke IKN, dan ke puskesmas-puskesmas yang dekat dengan IKN," kata Luhut.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk.

Photo :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

Menurutnya, hal tersebut sebagaimana amanat Presiden Jokowi, yang meminta agar puskesmas-puskesmas bisa memiliki akses komunikasi yang baik.

"Inilah kenapa Presiden minta ke Starlink ini, supaya puskesmas-puskesmas yang tidak terjangkau dengan komunikasi, dengan Starlink ini bisa terjangkau. Sehingga pelayanan kesehatan di pedesaan itu bisa terjangkau," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya