Kompetisi Pasar Domestik Makin Ketat, Unilever Dinilai Punya Peluang Tumbuh Kuartal II-2024

unilever hq
Sumber :
  • urbika.com

Jakarta – Meskipun menghadapi persaingan yang semakin ketat di pasar domestik, kinerja Unilever Indonesia (UNVR) tetap menarik perhatian. Unilever pun dinilai masih memiliki potensi untuk pertumbuhan yang signifikan, didorong oleh konsumsi domestik yang tetap stabil.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta berpendapat, konsumsi rumah tangga yang terjaga menjadi salah satu faktor utama yang mendukung pertumbuhan bisnis Unilever.

"Dalam menghadapi kompetisi yang semakin ketat, inovasi produk menjadi kunci untuk pertumbuhan yang berkelanjutan bagi Unilever Indonesia. Mereka perlu memperkuat efisiensi bisnis dan terus mengembangkan produk yang dapat menjangkau semua level konsumen," ujar Nafan dikutip dari analisanya, Rabu, 7 Februari 2024.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Pabrik Unilever.

Photo :
  • Repro video.

Namun, dia juga menegaskan bahwa tantangan yang dihadapi perusahaan tidak bisa diabaikan, terutama dengan munculnya berbagai produk dari pesaing yang semakin beragam.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Benjie Yap, Presiden Direktur  PT Unilever Indonesia, Tbk. dalam paparan publik hari ini, menegaskan komitmen perusahaan untuk memperkuat fundamental bisnis tetap menjadi prioritas utama sepanjang tahun 2023 lalu.

Meskipun mengalami penurunan penjualan pada bulan November dan Desember karena situasi geopolitik yang tidak pasti, Unilever Indonesia berhasil mencatatkan pertumbuhan positif pada kuartal sebelumnya.

“Komitmen kami untuk memperkuat fundamental bisnis tetap menjadi prioritas utama sepanjang tahun 2023. Pada kuartal III-2023, bisnis kami mulai tumbuh dengan mencatatkan kenaikan penjualan domestik sebesar 3,3%, didorong oleh pertumbuhan volume dasar yang positif sebesar 4,3%.

Logo Unilever.

Photo :
  • Unilever.co.uk

Benjie menekankan bahwa perusahaan tetap fokus pada pertumbuhan jangka panjang dengan melaksanakan lima prioritas strategis, termasuk memperkuat dan mengembangkan portofolio produk, membangun kekuatan eksekusi, dan menempatkan keberlanjutan sebagai inti dari perusahaan.

“Meski momentum positif ini terus berlanjut hingga bulan Oktober 2023, pada bulan November dan Desember dampak pergeseran sentimen yang disebabkan oleh situasi geopolitik mengakibatkan penjualan domestik tahun tutup buku kami di 2023 menjadi -5,2%. Namun, upaya konsisten kami untuk menavigasi krisis ini telah mulai menunjukkan kemajuan pada Januari 2024. Ke depan, kami tetap berkomitmen untuk fokus pada pertumbuhan jangka panjang dengan secara konsisten melaksanakan lima prioritas strategis kami." jelas Benjie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya