Genjot Hilirisasi Mineral, PLN Tambah Pasokan Daya ke Smelter Freeport Gresik

 Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo
Sumber :
  • Jo Kenaru/tvOne/Manggarai Barat-NTT)

Jakarta – PT PLN (Persero) memasok tambahan daya menjadi sebesar 60 Megavolt Ampere (MVA), untuk smelter tembaga milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, PLN menegaskan, langkah ini merupakan bukti komitmen PLN untuk mendukung hilirisasi mineral di Tanah Air, setelah sebelumnya PLN juga telah memasok daya listrik tahap I sebesar 30 MVA pada September 2023 lalu.

"PLN mendukung penuh upaya pemerintah mendorong hilirisasi industri mineral, melalui penyediaan listrik yang andal dengan harga kompetitif," kata Darmawan dalam keterangannya, Jumat, 9 Februari 2024.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

Menurutnya, hilirisasi menjadi langkah strategis untuk meningkatkan nilai komoditas mineral, dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia
Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

"PLN menyadari bahwa kehadiran listrik menjadi faktor penting bagi aktivitas industri. Terutama untuk hilirisasi industri mineral yang membutuhkan listrik dengan daya besar dan andal," ujar Darmawan.

Dia menegaskan, pihaknya siap memenuhi kebutuhan listrik sektor industri mineral, yang terus meningkat setiap tahun. Komitmen ini sesuai dengan misi PLN, yang tidak hanya melayani kebutuhan masyarakat melainkan juga turut mendukung pertumbuhan industri dalam negeri.

Darmawan menjelaskan, ketersediaan energi listrik menjadi faktor krusial di berbagai sektor bisnis dan industri. Karenanya, PLN berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut, dengan tingkat keandalan yang tinggi.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo

Photo :
  • Antara

"Hal ini dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh konsumen pelanggan, termasuk sektor industri smelter," ujarnya.

Sebagai informasi, penyediaan listrik untuk PT Freeport Indonesia di KEK Jawa Timur, dilakukan dalam IV tahap. Rinciannya, tahap I sebesar 30 MVA, tahap II sebesar 60 MVA, tahap III sebesar 110 MVA, dan tahap IV sebesar 170 MVA. PLN juga memastikan untuk melakukan percepatan penambahan pasokan tahap III & tahap IV, yang akan direalisasikan pada tahun 2024 ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya