Pemilih Milenial Bisa Makan Gratis di Kafe-Resto Surabaya Usai Nyoblos, Ini Syaratnya

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, meluncurkan program 'Arek Suroboyo Maknyos Makbleg, Mari Nyoblos Mangan Wareg', yang artinya setelah menggunakan hak pilih makan kenyang.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Program ini diinisiasi untuk mencegah golput dan meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya kaum milenial, untuk datang ke TPS dan menyalurkan suaranya pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan kegiatan ini diluncurkan bersama para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya, ditujukan kepada kelompok milenial di Surabaya yang selesai mencoblos di TPS, bisa makan gratis di kafe dan restoran yang ada di Surabaya.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Ide-nya pertama kali dimunculkan oleh Pak Kapolrestabes Surabaya, bagaimana semuanya bisa ikut dalam berpartisipasi menyukseskan Pemilu 2024. Ide Pak Kapolrestabes kemudian disambut luar biasa oleh Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia atau APKRINDO sehingga muncul 'Maknyos Makbleg, Mari Nyoblos Mangan Wareg' ini," katanya dikutip Jumat, 9 Februari 2024.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meluncurkan program makan gratis usai nyoblos

Photo :
  • Antara
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Menurut Eri, sasaran dari kegiatan ini adalah pemilih pemula, berusia 17 hingga 22 tahun. Terdata di Kota Surabaya jumlahnya mencapai 60 persen dari total sekitar dua juta lebih yang terdaftar sebagai pemilih tetap (DPT).

Jika telah menggunakan hak pilihnya, para pemilih milenial itu dipersilakan datang ke restoran atau kafe yang ditunjuk untuk menikmati makan gratis.

Caranya dengan menunjukkan tinta yang masih melekat di jari sebagai tanda usai "mencoblos" di tempat pemungutan suara (TPS). Selain itu menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk membuktikan usia sebagai pemilih pemula.

Sekitar 50 pengusaha yang memiliki sekitar 350 brand usaha kafe dan restoran di bawah naungan APKRINDO yang tersebar di wilayah Kota Surabaya berpartisipasi dalam program tersebut.

Ketua APKRINDO Jatim, Ferry Setiawan mengatakan kegiatan ini bentuk dukungan pengusaha terhadap pelaksanaan pemilu yang damai, dengan sasaran kelompok milenial karena merupakan 56 persen pemilih potensial di Pemilu 2024 ini.  

Selain makan gratis, sejumlah kafe dan restoran di Surabaya juga akan memberikan diskon atau potongan harga, baik berupa produk maupun program kolaborasi dengan produk lain, diharapkan dapat meningkatkan pastisipasi pemilih milenial agar tidak golput.  

Seperti "Resto Nine" Surabaya yang akan menyiapkan makan gratis bagi 100 pemilih pemula usai menggunakan hak pilihnya. 
 
"Kami menyediakan makanan otentik kita secara gratis bagi pemilih pemula yang telah menggunakan hak pilihnya. Caranya dengan menunjukkan tinta di jarinya tanda sudah mencoblos dan KTP sebagai bukti masih berusia 17--22 tahun. Di sini ada nasi goreng kambing, nasi goreng spesial dan pisang goreng kita juga enak banget," ucap Operation Manager Resto Nine Surabaya Djuliwati Rahardjo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya