Hari Pers Nasional, Sri Mulyani Beberkan Peran Penting Insan Pers Bagi Demokrasi di RI

Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2024, kepada seluruh Insan Pers di Tanah Air.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Kepada seluruh Insan Pers yang saya hormati dan saya banggakan. Pada Hari Pers Nasional tahun 2024 ini, saya Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia, mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh Insan Pers di Indonesia," kata Sri Mulyani dalam unggahan video di Instagram pribadinya, @smindrawati, Jumat, 9 Februari 2024.

Dia mengatakan, peranan pers sangat penting dan fundamental bagi sebuah negara, yang menganut sistem demokrasi. Sebagai garda terdepan, pers memiliki tanggung jawab yang sangat penting dan besar, untuk terus meningkatkan peradaban, terus membangun pemikiran, dan terus menjadi sumber informasi yang mencerahkan dan mengedukasi.

Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara (dok. Kemenkeu)

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Di dalam suasana di mana digital technology sangat memengaruhi industri pers, Dia menekankan pentingnya bagi para Insan Pers untuk terus selalu beradaptasi. "Bagaimana mampu untuk terus melaporkan, merekam, dan menyiarkan peristiwa sejarah dan berbagai pelajaran hidup yang penting bagi bangsa, namun tetap menjadi sumber yang terpercaya," ujarnya.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Dia berharap para Insan Pers tetap dapat menjaga integritas dan aktualitas, namun tetap berasaskan pada kebenaran, keadilan, suatu pemberitaan yang berimbang, cerdas, dan mengedukasi. Menurutnya, hal itu adalah bagian dari pembangunan martabat bangsa.

"Saya sangat menghargai kerja keras dan dedikasi para insan Pers, yang terus harus bekerja sangat keras, beradaptasi, dan bahkan harus melawan berbagai arus perubahan, yang tidak selalu mampu menjaga kejernihan, kecerdasan, dan integritas informasi bagi masyarakat. Ini adalah tantangan yang sangat fundamental," kata menkeu.

Sri Mulyani menambahkan, Insan Pers Indonesia tidak hanya menjadi saksi pasif bagi peristiwa-peristiwa di Republik Indonesia, namun juga sekaligus menjadi pelaku aktif di dalam membentuk sejarah Indonesia.

Dia menyampaikan, sistem demokrasi di mana transisi kepemimpinan nasional dilakukan melalui pemilihan umum, tentu akan sangat membutuhkan peranan pers yang begitu penting.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Photo :
  • Dok Sri Mulyani

"Yang mampu menjadi sumber informasi yang terpercaya, yang mampu menjaga integritas dari pemberitaan, namun pada saat yang sama juga berkomitmen untuk menjaga keutuhan bangsa," ujar Menkeu.

Sebagai penutup, Sri Mulyani pun mengucapkan terima kasih atas nama Kementerian Keuangan, dan bahwa pers nasional harus terus menjadi teman dan sekaligus menjadi partner dalam mengedukasi masyarakat di bidang keuangan negara. 

“Selamat Hari Pers kepada seluruh insan Pers Nasional Indonesia. Jayalah Pers Indonesia, tetap semangat menjaga keutuhan Indonesia," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya