Jasa Pengiriman Berdampak terhadap Pertumbuhan UMKM

Produk UMKM
Sumber :
  • Dok.istimewa

VIVA – Dunia serba digital ini, transaksi jual-beli makin mudah dan menghemat waktu. Hal ini membuat para pelaku UMKM mendapatkan keuntungan berlimpah dan bisa memperbesar usahanya lewat penjualan online.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Salah satu yang merasakan keuntungan ini yaitu pelaku UMKM asal Wonogiri, Jawa Tengah bernama Tri Vidhi Astuti (24). Ia menjual kacang mede sudah sejak Juni 2023. Awalnya, ia menjual produknya hanya untuk orang-orang terdekat.

Produk UMKM

Photo :
  • Dok.istimewa
J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Lantaran ingin memperkenalkan produk lokalnya ini bisa dikenal luas oleh masyarakat, akhirnya ia berinisiatif untuk menjual produknya di marketplace. Meski baru memulai awal tahun ini menjualnya di marketplace, ia sudah merasakan keuntungannya. Mulai dari yang awalnya hanya berkisar 15 kg sebulan, kini ia bisa menjual 30-35 kg semenjak jualan di marketplace.

“Dulu pas belum jualan online sekitar 10-15 kg dan mendapatkan keuntungan sekitar 2 juta.  Nah semenjak jualan di online sekarang sekitar 30-35 kg. Sekitar dapat 4,5 juta sebulan,” kata Vidhi saat ditemui di kawasan Cileungsi, Sabtu, 10 Februari 2024.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Vidhi mengatakan, jasa pengiriman yang ia gunakan ada empat, salah satunya yaitu J&T Express. Ia mengaku jika customer-nya yang beli di TikTok Shop rata-rata menggunakan jasa pengiriman J&T Express.

“Ada empat jasa pengiriman yang aku pakai. Salah satunya J&T. Customer TikTok rata-rata menggunakan jasa pengiriman J&T Express. Kebanyakan kalau TikTok ya J&T itu,” ujarnya.

Jasa pengiriman J&T Express, kata Vidhi, sangat membantu UMKM. Meskipun hanya ada satu pesanan, pihak J&T Express mau mengambil pesanan ke customer di rumah produksinya.

“Memudahkan UMKM banget. Meski hanya satu pesanan, pihak J&T mau mengambil pesanan customer ke rumah saya untuk di pick up,” bebernya.

Meski baru sebulan berjualan di marketplace, ia merasakan keuntungan drastis dibanding hanya berjualan secara offline. Ia berharap produk lokalnya bisa dikenal masyarakat luas dengan berjualan di marketplace.

“Harapannya ya semoga semakin dikenal orang produk saya. Dan juga marketplace ini sangat membantu buat pelaku UMKM seperti saya ini ya,” jelasnya.

J&T Express berkolaborasi dengan Rio Motret

J&T Express berkolaborasi dengan Rio Motret

Photo :
  • J&T Express

Memang di dunia digital ini marketplace memiliki andil penting untuk mempercepat pengembangan ekonomi digital yang didominasi oleh UMKM. Dikutip dari Antara, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Siti Azizah menargetkan 30 juta UMKM di Indonesia terdigitalisasi pada tahun 2024.

Tentu pelaku UMKM ini juga bergantung dengan jasa pengiriman untuk membantu proses pengiriman barang. J&T Express, merupakan salah satu jasa pengiriman barang yang sudah terkenal di Indonesia. Bahkan, J&T Express juga telah berkomitmen bagi perekonomian Indonesia melalui pemberdayaan UMKM.

“Sebagai perusahaan logistik khususnya jasa pengiriman di Indonesia, kami memiliki kedekatan dengan para pelaku UMKM untuk bersama mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Selain memberikan layanan pengiriman ke pelanggan, kami pun menciptakan hubungan yang erat dengan para UMKM dan berkomitmen untuk terus memberikan dukungan melalui pendampingan logistik terpercaya dan program-program pemberdayaan yang bermanfaat. Bersama-sama, kami ingin menjadi bagian dari kesuksesan dan pertumbuhan bisnis mereka,” kata Robin Lo, CEO J&T Express akhir tahun lalu, dalam keterangan resminya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya