Pemerintah Beri Bantuan Rp 30 Milliar Buat Petani Terdampak Banjir di Jawa Tengah, Ini Rinciannya

Lahan di Jawa Tengah Terdampak Banjir (dok: Kementan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan total senilai Rp 30 miliar kepada petani terdampak banjir di Jawa Tengah. Bantuan ini diberikan untuk pupuk, benih, alsintan dan alat panen lainnya. 

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan, bantuan total senilai Rp 30 miliar ini dengan rincian benih padi untuk 10.000 hektar, JIT, Asuransi Pertanian (AUTP), Pompa, Combine Harvester dan traktor untuk tiga kabupaten.  

"Segera kita akan koordinasi dan Insya Allah mudah-mudahan bisa cepat surut. Kemudian untuk sektor pertanian yang ada asuransinya bisa mendapat bantuan," ujar Amran dalam keterangannya Senin, 12 Februari 2024.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Amran menegaskan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Kementerian lain untuk segera bergerak menyusutkan genangan air.

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman.(istimewa/VIVA)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)
Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

"Kita harapkan segera mempercepat panen dan berharap beberapa minggu ke depan bisa panen. Insya Allah kami kirim bantuan dan akan diserahkan ke Ibu Bupati. Kami juga berkoordinasi dengan Kementerian PU untuk segera memperbaiki tanggulnya," terangnya. 

Mentan berharap, para petani segera mengikuti pendaftaran asuransi agar mendapat jaminan produksi dari pemerintah terutama bagi lahan-lahan pertaniannya yang mengalami musibah banjir maupun puso.

Sebanyak 33 desa di 12 kecamatan di Kabupaten Grobogan, terendam banjir

Photo :
  • BPBD Grobogan

"Nanti kami koordinasi dengan kementerian namun mudah-mudahan tanggul ini bisa ditutup dalam 5 hari, kemudian kami lihat ini mudah-mudahan dalam 12 minggu bisa panen kami akan beri bantuan mesin satu dua hari akan tiba dan kami minta UPT kami stand by di sini," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya