Kepala OIKN Jamin Kualitas Faskes bagi Warga Sekitar dan yang Pindah ke IKN

Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menegaskan komitmen pihaknya untuk menyiapkan fasilitas kesehatan yang berkualitas, bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat yang nantinya akan menempati kawasan IKN.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Dia menegaskan, persiapan layanan kesehatan itu juga memerlukan sinergi bersama antara Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), serta koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Sepaku.

"Untuk itu, perlu dilakukan percepatan dan revitalisasi pelayanan kesehatan. Langkah-langkah ini diharapkan dapat membentuk pusat layanan kesehatan yang efisien, bagi masyarakat yang akan menempati kawasan tersebut," kata Bambang dalam keterangannya, Selasa, 13 Februari 2024.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

IKN Nusantara.

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Dengan langkah-langkah progresif ini, Otorita IKN menegaskan komitmennya untuk menciptakan lingkungan yang ramah, aman, dan nyaman bagi setiap orang yang berada di Ibu Kota Nusantara.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Karenanya, guna mewujudkan hal tersebut, Bambang pun bersama timnya mengunjungi sejumlah fasilitas kesehatan di Kecamatan Sepaku, antara lain yakni Puskesmas Semoi II, Puskesmas Sepaku I, dan UPT Puskesmas Sepaku III.

Dia memastikan bahwa fasilitas-fasilitas kesehatan ini tidak hanya memenuhi standar kelayakan, tetapi juga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat sekitar. Serta, bagi masyarakat yang akan segera menempati IKN Nusantara.

"Kesehatan masyarakat adalah prioritas utama kami dalam membangun Ibu Kota Nusantara yang baru. Kami berkomitmen untuk menyediakan fasilitas kesehatan yang terbaik, memastikan setiap penduduk dapat mengakses perawatan kesehatan yang memadai. Ini adalah langkah nyata dalam membangun lingkungan yang sehat dan berkelanjutan," ujar Bambang.

Konsep Bangun Hutan Hujan Tropis di IKN

Photo :
  • Jhovanda (Kalimantan Timur)

Dia menambahkan, fokus peningkatan kualitas layanan kesehatan di wilayah sekitar IKN Nusantara, tentunya perlu melibatkan peningkatan SDM dengan penambahan tenaga medis.

"Ketersediaan alat kesehatan dan standar bangunan rumah sakit juga perlu diperhatikan, khususnya dalam revitalisasi RSUD dan puskesmas di Sepaku yang mengusung konsep smart and green building," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya