Momen Jokowi Tanya Apa Itu Seblak, Buat Warga Bekasi Tertawa

Presiden Joko Widodo atau Jokowi
Sumber :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan nasabah dan pendamping program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Meekar) Permodalan Nasional Madani di GOR Kota Bekasi, Jawa Barat pada Jumat, 16 Februari 2024.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Ada momen unik, ketika Presiden Jokowi bertanya apa itu seblak di hadapan warga Kota Bekasi. Sehingga, para hadirin sontak tertawa mendengar pertanyaan Jokowi soal seblak.

President Joko Widodo (Instagram/@Jokowi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Awalnya, Jokowi berdialog dengan nasabah Meekar di atas panggung yakni Yulianti yang merupakan penjual seblak. “Bu Yulianti jualan apa?,” kata Jokowi.

Yulianti mengaku berjualan seblak, sehingga membuat Presiden Jokowi bertanya apa itu seblak dan disambut tawa oleh para hadirin. “Seblak, apa itu?,” tanya Jokowi lagi.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Akhirnya, Yulianti menjelaskan kepada Presiden Jokowi bahwa seblak yang dijualnya itu merupakan makanan khas Jawa Barat. “Oh makanan khas Jawa Barat. Boleh loh bertanya, seblak itu apa kalau boleh tau,” kata Jokowi.

Selanjutnya, Yulianti menjelaskan lagi kalau seblak itu berisi sayur-sayuran, bakso, sosia, kerupuk yang dijadikan satu dalam olahan. “Dicampur-campur?,” ujar Jokowi lagi.

Kemudian, Jokowi kembali bertanya berapa harga satu porsi seblak yang dijual Yulianti. Dijawab, kalau harga seblak itu Rp8.000 dimana keuntungan yang didapat oleh Yulianti selaku penjual sekitar Rp60 ribu-Rp70 ribu.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi

Photo :
  • Tangkapan layar

“Oh 70 ribu. Ibu ambil Meekar berapa?,” tanya Jokowi.

Yulianti menjawab mengambil Meekar sebesar Rp5 juta. Menurut Jokowi, cukup enteng untungnya kalau mengambil modal Meekar Rp5 juta. “Oh 5 juta. (Sambil ngitung). Oh masih entenglah untungnya segitu. Saya hitung-hitung, masih untung,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya