Investasi Migas Harus Tetap Digeber di Era Transisi Energi, Ini Alasannya

ilustrasi industri migas.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

Jakarta - Indonesian Petroleum Association (IPA) menyatakan, industri hulu migas di Indonesia memiliki peran siginifikan, dalam memastikan ketersediaan energi (energy security) pada era transisi energi seperti saat ini.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Direktur Eksekutif IPA, Marjolijn Wajong menyampaikan, industri migas masih sangat dibutuhkan di tahun-tahun mendatang. Karena dalam setiap pertumbuhan ekonomi, sektor energi menjadi salah satu faktor penentu.

"Untuk itu, dalam memenuhi kebutuhan energi dan menjaga ketahanan energi, investasi migas masih sangat dibutuhkan," kata Marjolijn dalam keterangannya, Jumat, 23 Februari 2024.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Industri hulu migas (ilustrasi)

Photo :
  • Dok. PHE

Karenanya, IPA akan kembali menggelar IPA Convention & Exhibition (IPA Convex), yang bakal digelar pada 14-16 Mei 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City. PT Dyandra Promosindo pun telah ditunjuk sebagai event organizer acara tersebut.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Marjolijn memastikan, IPA Convex 2024 nantinya akan mengundang para pemangku kepentingan sektor migas di Indonesia, serta praktisi-praktisi yang secara riil menavigasi perusahaannya di tengah tantangan dan potensi sektor migas Tanah Air.

"Konvensi ini akan mewadahi diskusi lintas isu sebagai masukan bagi pemerintah, untuk memaksimalkan sektor migas dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Harapannya, Indonesia dapat bermanuver di tengah isu transisi energi melalui penciptaan iklim investasi yang menarik," ujarnya.

Wakil Ketua IPA Convex 2024, Leony Lervyn menekankan, selain memastikan ketersediaan energi pada era transisi energi, potensi industri hulu migas Indonesia juga harus diketahui oleh negara-negara lain di wilayah regional.

"Industri migas masih dibutuhkan dan akan terus dibutuhkan di masa-masa mendatang, sehingga investasi migas menjadi signifikan untuk terus ditingkatkan," kata Leony.

Dengan mengusung tema 'Gaining Momentum to Advance Sustainable Energy Security in Indonesia and the Region', diharapkan IPA Convex 2024 ini dapat semakin menarik minat investor migas global ke Indonesia, dan mendukung target pemerintah untuk memenuhi kebutuhan energi di era transisi energi saat ini.

"Melalui acara ini, kita ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia masih memiliki potensi migas, bahkan memiliki kesempatan untuk menjadi leader di tingkat regional," ujarnya.

Kegiatan industri migas/Foto ilustrasi.

Photo :
  • ANTV/Veros Afif

Sebagai informasi, rencananya IPA Convex 2024 akan dibuka oleh Menteri ESDM, Arifin Tasrif, pada 14 Mei 2024 mendatang. Selain itu, akan diadakan juga acara-acara lainnya seperti CEO Forum, Plenary Sessions, Technology Session, Technical Program (TPC), Pameran, Youth Program dan The Energy Night.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya