Jokowi Bahas RAPBN 2025 untuk Presiden Terpilih dalam Sidang Kabinet

Presiden Jokowi memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna (SKP)
Sumber :
  • Humas Setkab

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan seluruh jajaran Kabinet Menteri Indonesia Maju dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin, 26 Februari 2024.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Dalam sidang kabinet tersebut, ada beberapa hal yang ditekankan Presiden Jokowi diantaranya ketersediaan pangan harus dijaga menjelang Puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah. Selain itu, rencana kerja pemerintah dan kebijakan fiskal tahun 2025. 

“RKP (rencana kerja pemerintah) tahun 2025 dan kebijakan fiskal adalah jembatan untuk menjaga kesinambungan pembangunan,” kata Jokowi.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi dalam Rapat Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

Kemudian, kata dia, mengakomodasi program-program presiden terpilih hasil Pilpres 2024. Namun, lanjut dia, ini sambil menunggu hasil perhitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

“Maka, RAPBN 2025 harus disiapkan dengan memperhatikan hasil pilpres karena yang menjalankan APBN 2025 adalah presiden terpilih,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengumpulkan seluruh jajaran Kabinet Menteri Indonesia Maju dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin, 26 Februari 2024.

Dalam Sidang Kabinet Paripurna tersebut, Jokowi menekankan ada beberapa hal. Pertama, Jokowi mengatakan dalam waktu dekat akan memasuki bulan Ramadhan 1445 Hijriyah pada Maret 2024. Kemudian, kata dia, bulan April 2024 akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

“Saya minta seluruh kementerian lembaga yang terkait agar waspada dan memastikan masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan khusyuk,” ujarnya.

Presiden Jokowi sampaikan kata pengantar di Rapat Kabinet Paripurna

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Oleh sebab itu, Jokowi meminta utamanya menjaga persediaan pangan dan menjaga stabilitas harga pangan terutama bahan pokok. 

“Dan juga percepatan pembagian seluruh paket perlindungan sosial dan jaminan sosial,” katanya.

Selanjutnya, Jokowi juga meminta jajaran Menteri Kabinet untuk mengecek betul persiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan masyarakat mudik Lebaran.

“Saya kira ini setiap tahun kita selalu persiapkan karena ini adalah event tahunan,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya