Bappenas Mulai Susun Program Makan Siang dan Susu Gratis Prabowo-Gibran

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sudah mulai menyusun program unggulan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yakni makan siang dan susu gratis

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025.

"Ya memang harus memasukkan program-program ikonik dari presiden terpilih. Tentu saja itu diperhitungkan, dan Bappenas sedang menyusun itu," ujar Suharso di Istana Presiden, Jakarta, Senin, 26 Februari 2024.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Ketua TKD Prabowo-Gibran Kota Surabaya membagikan makan siang dan susu gratis pada seorang warga di Kelurahan Semampir, Kecamatan Sidotopo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 28 November 2023.

Photo :
  • ANTARA

Suharso mengatakan, RKP sesungguhnya kemungkinan akan muncul setelah pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai  presiden terpilih RI selanjutnya.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

"Karenanya RKP yang sesungguhnya mungkin akan muncul setelah pengumuman secara resmi dari KPU," jelasnya.

Suharso menjelaskan, dimasukannya program presiden terpilih berikutnya  dilakukan agar ada kesinambungan dengan pembangunan yang sudah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Keberlanjutan pembangunan setelah pelantikan presiden itu bisa menggunakan RAPBN yang telah mengakomodasi program-program ikonik dari presiden terpilih," terangnya. 

Anggaran Rp 15 Ribu untuk Makan Gratis

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, anggaran untuk program makan siang gratis berkisar Rp15 ribu per anak, di luar anggaran untuk program susu gratis. "Per anak kira-kira Rp15 ribu," kata Menko Airlangga di Jakarta, Senin.

Menko Airlangga mengatakan bahwa rencananya, besaran anggaran itu akan diterapkan secara merata di semua wilayah Indonesia.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Istimewa

Namun dirinya belum bersedia mengungkap secara spesifik wilayah mana yang akan mendapatkan program makan siang dan susu gratis bagi anak-anak.

Adapun rincian dari program makan siang dan susu gratis akan didiskusikan dalam pembahasan Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025 pada rapat kabinet hari ini.

Program makan siang dan susu gratis merupakan usulan dari pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam dokumen visi-misinya, paslon tersebut menjelaskan program makan siang gratis bertujuan untuk mengatasi masalah stunting dan bakal menyasar siswa pra-sekolah, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan pesantren.

Bantuan gizi juga akan diberikan kepada ibu hamil dan balita di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan membantu ekonomi keluarga.

Program tersebut menargetkan lebih dari 80 juta penerima manfaat dengan cakupan 100 persen pada tahun 2029.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya