Ada Tambahan Beras 3,5 Juta Ton Hasil Panen Raya, Mentan: untuk Maret hingga Mei Cukup

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Jakarta - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, stok beras akan bertambah dari hasil produksi panen raya Desember 2023 hingga Januari 2024. Jumlahnya diperkirakan mencapai 3,5 juta ton. 

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

"Akan ada penambahan ketersediaan beras yang dihitung dari hasil produksi panen raya Desember 2023 hingga Januari 2024. Jumlahnya cukup besar yakni sebanyak 3,5 juta ton sehingga beras pada bulan Maret, April dan Mei 2024 masih dalam kondisi cukup," ujar Amran dalam keterangannya Selasa, 27 Februari 2024. 

Hasil Panenan Padi. (ilustrasi)

Photo :
  • vstory
Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Amran pun memastikan, pertanaman tahun ini melalui program pompanisasi terhadap lahan-lahan persawahan yang terdampak El Nino terus dilakukan secara masif. Hingga saat ini program pompanisasi membantu mengairi lahan persawahan di banyak lahan pertanaman  di Jawa.

"Karena El Nino masih ada, maka kita terus melakukan pompanisasi dan juga asuransi. Pompanisasi dilakukan di pulau Jawa dan berhasil memompa air sungai yang ada seperti di sungai Bengawan Solo, Cimanuk dan seterusnya," terangnya. 

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

Selanjutnya jelas Amran, air yang ditarik mesin pompa langsung dialirkan melalui sistem terbuka  dari satu sawah ke sawah lainya. Dengan begitu, Mentan berharap petani dapat meningkatkan indeks pertanaman (IP) dari satu kali panen menjadi dua kali panen.

"Kita pompa ke sawah-sawah tadah hujan, kemudian kita optimalisasi rawa yang IP nya itu hanya satu kali kita jadikan dua kali," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan dalam waktu dekat kemungkinan besar harga beras mengalami penurunan. Apalagi, stok pangan pokok dan strategis jelang Ramadan tahun ini tersedia dan mencukupi.

"Ketersediaan pangan pokok strategis cukup dan terus diperkuat. Ini agar masyarakat dapat lebih nyaman dalam memperoleh akses pangan yang ingin dikonsumsi selama menjalani ibadah puasa," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya