IHSG Melemah Jelang Pembagian Dividen RUPST Bank-bank Besar

Ilustrasi IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 1 poin atau 0,03 persen di level 7.326, pada pembukaan perdagangan Kamis, 29 Februari 2024.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed dan menguat terbatas pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed dan menguat terbatas," kata Ratih dalam riset hariannya, Kamis, 29 Februari 2024.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Karyawan melintas di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pelaku pasar menantikan momentum RUPS Tahunan Big Banks yang akan dilaksanakan mulai pekan depan, di mana salah satu agendanya terkait pembayaran dividen.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

"Dividend Payout Ratio (DPR) diproyeksikan mengalami kenaikan, sejalan dengan solidnya kinerja emiten perbankan untuk buku 2023," ujar Ratih.

Di sisi lain, rupiah kembali terdepresiasi setelah The Fed mempertimbangkan untuk menahan suku bunga “higher for longer”. Nilai tukar rupiah Jisdor terdepresiasi 1,29 persen, sejak awal tahun 2024 year-to-date (ytd) menjadi di level Rp 15.673 per US$ pada 28 Februari 2024.

"IHSG diprediksi bergerak mixed dan menguat terbatas dalam level 7.280-7.360," ujarnya.

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni BBNI, INCO, ULTJ.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya