Jokowi: Pembangunan Kantor Bank Mandiri di IKN Dukung Pertumbuhan Ekosistem Digital

Presiden Jokowi Groundbreaking Gedung Kantor Bank Mandiri di IKN
Sumber :
  • Biro Pers Media Istana Kepresidenan

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Gedung Kantor PT. Bank Mandiri di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, pada Kamis, 29 Februari 2024. Makanya, Jokowi mengapresiasi upaya Bank Mandiri yang mulai membangun gedung untuk layanan digital.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Menurut dia, potensi besar ekosistem digital di Indonesia antara lain terlihat dari jumlah pengguna platform Livin' Bank Mandiri yang sudah mencapai 23 juta. Sehingga, kata dia, pembangunan ini akan mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan menarik digital nomad dari berbagai belahan dunia untuk hidup di Ibu Kota Nusantara.

"Kalau ekosistem digital yang ada di sini sudah terbangun, itu akan mendatangkan digital nomad untuk hidup di Nusantara ini. Karena kota ini akan berbeda dengan kota-kota lain di dunia. Tidak ramai tetapi hidup, tidak ada polusi karena semuanya menggunakan kendaraan listrik dan transportasi umum listrik," kata Jokowi.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi Groundbreaking Gedung Kantor Bank Mandiri di IKN

Photo :
  • Biro Pers Media Istana Kepresidenan

Kemudian, Jokowi kembali mengingatkan bahwa pentingnya pengelolaan Ibu Kota Nusantara agar tidak kehilangan kendali seperti beberapa ibu kota baru di negara lain. Menurutnya, konsep forest city dan smart city harus tetap dikedepankan di Ibu Kota Nusantara ini.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

“Konsep forest city dan smart city sebagai fondasi utama pengembangan IKN sebagai kota yang berkelanjutan, bebas polusi, dan didukung oleh transportasi umum berbasis listrik,” jelas dia.

Disamping itu, Jokowi berbicara tentang masa depan Indonesia dan perubahan yang akan terjadi setelah pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan bandara selesai. Tentu, kata dia, perjalanan dari Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara akan semakin cepat karena adanya infrastruktur pendukung konektivitas tersebut.

"Tolong nanti dilihat setelah bulan Juni, begitu tolnya selesai, begitu nanti airport-nya selesai, dari airport ke sini hanya 15 menit. Begitu tol selesai, dari Balikpapan ke sini 45 menit," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Hadir juga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Kepala Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar,Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil, dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya