Kantor BPJS Kesehatan di IKN Berbentuk Rumah Panggung dengan Terasering dan Rimbun

Presiden Jokowi Groundbreaking Kantor BPJS Kesehatan di IKN Nusantara
Sumber :
  • Istimewa

Kalimantan Timur - Pembangunan Kantor BPJS Kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki konsep unik, yaitu terasering 10 lantai dengan tanaman pohon ditiap titik.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Bangunan itu dipastikan ramah lingkungan dengan fasilitas ruang terbuka, area olahraga dan lokasi upacara.

Dalam tayangan profil bangunan yang ditayangkan pada groundbreaking ke-5, tampak kantor BPJS Kesehatan seperti bangunan gedung di tengah hutan.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengatakan pembangunan kantor BPJS Kesehatan di IKN dirancang berupa rumah panggung sesuai kearifan lokal di IKN.

Tiap sudut bangunan ditanami pepohonan rindang yang memberi kesejukan. Dibangun 10 lantai menjadi hunian aman dan nyaman.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

"Bangunan ini dirancang sebagai inovasi pembangunan yang modern di tengah hutan. Jadi memang hutan dan alam," katanya pada Jumat, 1 Maret 2024.

Dijelaskan dia, BPJS Kesehatan berupaya membangun gedung perkantoran yang aman dan dinamis. Ali menegaskan, BPJS Kesehatan ingin menjadi bagian dari pembangunan IKN.

"Bangunan Kantor BPJS Kesehatan akan menjadi bagian dari pembanguanan IKN, dan menyumbang hutan kota di IKN," imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut masuknya BPJS Kesehatan turut menambah jumlah klaster kesehatan di IKN. Dengan demikian, fasilitas kesehatan akan semakin lengkap untuk pelayanan masyarakat.

Presiden Jokowi Groundbreaking Kantor BPJS Kesehatan di IKN Nusantara

Photo :
  • Istimewa

"Masuknya BPJS Kesehatan di IKN melengkapi pelayanan terhadap kesehatan masyarakat lokal dan Indonesia. Dengan bangunan ramah lingkungan, BPJS Kesehatan ikut serta membangun IKN," sebutnya.

Pada beberapa tahun terakhir, Jokowi mengaku belum pernah menghadiri rapat khusus dengan BPJS Kesehatan. Hal itu membuktikan bahwa pelayanan BPJS Kesehatan sudah meningkat, tentunya dengan pengelolaan yang semakin baik. 

"Biasanya saya hadir rapat dengan BPJS. Isinya masalah semua, pelayanan yang dikeluhkan dan lain-lain. Tapi beberapa tahun terakhir, tidak ada rapat. Berarti pelayanan BPJS sudah meningkat karena tidak ada masalah," paparnya.

Untuk itu, Jokowi berharap pelayanan kesehatan di IKN dapat dirasakan masyarakat di seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya