Lengkapi Layanan Kesehatan di IKN, Jokowi: Gedung BPJS Kesehatan Senilai Rp1 Triliun

[dok. Humas Otorita IKN]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groundbreaking pembangunan Kantor BPJS Kesehatan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, pada Jumat, 1 Maret 2024.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Dia menegaskan, peresmian groundbreaking Kantor Pusat BPJS Kesehatan dengan investasi senilai Rp1 triliun ini, merupakan bukti bahwa layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) juga akan hadir di IKN Nusantara.

"Ini akan melengkapi pelayanan kesehatan di Nusantara dan di seluruh tanah air," kata Jokowi dalam keterangannya pada Jumat, 1 Maret 2024.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono berharap, kehadiran layanan JKN di Nusantara akan menambah fasilitas layanan publik dasar yang dibutuhkan masyarakat sekitar.

"Manfaat BPJS Kesehatan tentu juga harus dirasakan oleh masyarakat di wilayah Nusantara dan sekitarnya." ujarnya.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Jokowi groundbreaking proyek di IKN.

Photo :
  • Biro pers Istana.

Sementara Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti menjelaskan, BPJS Kesehatan telah menjadi contoh bagi berbagai negara, dalam pelaksanaan layanan jaminan kesehatan bagi masyarakat.

"Hal ini menunjukkan Program JKN mampu menunjukkan eksistensinya di kancah internasional, dan bersiap menjadi bagian dari visi Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Sebagai informasi, bangunan Kantor Pusat BPJS Kesehatan di Nusantara rencananya akan memiliki luas sebesar 25.964 m2, dengan total estimasi investasi mencapai Rp1 triliun. Nantinya, bangunan ini akan memiliki berbagai fasilitas seperti ruang kerja pegawai yang berkonsep open space, data center, serta fasilitas penunjang lainnya.

Desain fasad akan dibangun dengan memanfaatkan elemen pasif tropis, sehingga dapat memanfaatkan sirkulasi udara alami setiap musim tanpa terpapar tampias air hujan dan panas matahari. Hal ini membuat setiap ruang memiliki sistem pendinginan dan pencahayaan alami, sehingga mampu mengoptimalkan penggunaan energi.

Pembangunan kantor ini bukan hanya tentang fisik bangunan, namun juga sebagai langkah awal untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang berkualitas yaitu optimalisasi program JKN. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya